Tips Road Trip di New Normal untuk Liburan Menyenangkan

5 Tips Mudah Merawat Ban Mobil
September 23, 2020
Jangan Tertukar, Ini Bedanya Jarak Minimal dan Jarak Aman
September 25, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Siapa yang tidak kangen liburan setelah melewati masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama lebih kurang dua bulan lamanya? Pasti pada kangen, kan.

Meski masih ada pembatasan transportasi umum untuk ke luar kota, tapi kamu bisa liburan dengan road trip menggunakan mobil pribadi asal tetap mengikuti protokol kesehatan.

Liburan dengan cara road trip dinilai lebih bersensasi bagi sebagian orang. Selain melepas penat, road trip bisa membuat kamu lebih mengenal karakter teman atau anggota keluarga lebih dalam.

Bagaimana tidak, saat road trip kamu bisa berhari-hari di jalan dalam satu mobil dengan teman atau keluarga, serta bebas untuk jalan ke manapun sesuka hati.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Nah, buat yang sudah merencanakan, supaya aman dan tetap sehat, ini tips road trip di new normal.

Cek kesehatan

Sebelum melakukan road trip di new normal, kamu wajib cek kesehatan lebih dahulu. Jika perlu lakukan rapid test di rumah sakit, sehingga jika ada pemeriksaan di saat perjalanan road trip di new normal, ada bukti otentik yang menyatakan kamu sehat.

Selain melakukan pengecekan kesehatan secara, kamu juga perlu memperhatikan asupan vitamin, istirahat dan tidur yang cukup di sela-sela liburan, serta pastikan kamu membawa obat-obatan pribadi.

Jika perlu, bawalah termometer sepanjang liburan, agar suhu badanmu terpantau.

Selalu menggunakan masker di perjalanan

Selama perjalanan, walau hanya di mobil saja dengan anggota keluarga, kamu juga wajib untuk selalu memakai masker.

Jangan sampai perjalanan road trip di new normal kamu terganggu karena diberhentikan oleh petugas yang menghimbaumu untuk selalu menggunakan masker.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Penggunaan masker wajib untuk menghindari terjadinya kontak droplet antara pengemudi dan penumpang. Sehingga kamu juga dapat terhindar dari paparan virus yang belum ditemukan obatnya ini.

Bawa perlengkapan pribadi

Jangan lupa, sebelum memulai perjalanan kamu siapkan perlengkapan pribadi yang digunakan oleh masing-masing orang. Misalnya saja perlengkapan mandi dan perlengkapan ibadah.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Kemudian, agar tidak sering mampir ke tempat umum, kamu bisa bawa bekal dan peralatan makan sendiri. Selain itu, ada baiknya kamu juga menyiapkan serta membawa obat-obatan pribadi untuk berjaga-jaga.

Siapkan hand sanitizer

Masker dan hand sanitizer adalah starter pack wajib selama road trip di new normal. Hand sanitizer wajib kamu gunakan usai menggunakan fasilitas umum bila tidak memungkinkan untuk cuci tangan dengan sabun, misalnya saja seperti usai membayar tol atau beli bensin.

Tidak hanya itu, ada baiknya juga kamu siapkan dan bawa tisu basah beralkohol dan disinfektan semprot untuk membersihkan bagian interior mobil yang sering disentuh serta alas sepatu.

Atur tempat duduk sesuai protokol kesehatan

Selama di dalam mobil dalam perjalanan road trip di new normal, kamu juga perlu mengatur tempat duduk sesuai dengan protokol kesehatan.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Aturan berkendara yang wajib ditaati, yaitu pembatasan jumlah penumpang sebesar 50% dari kapasitas angkut kendaraan.

Secara rinci, pembatasan kendaraan jenis sedan hanya boleh mengangkut 3 orang yang terdiri dari 1 pengemudi dan 2 penumpang di belakang.

Lalu, untuk mobil non-sedan yang memiliki kapasitas 7 penumpang hanya boleh mengangkut maksimal 4 orang yang terdiri dari 1 pengemudi, 2 penumpang di tengah, dan 1 penumpang di belakang.

Hindari melintas di zona merah

Zona merah adalah wilayah yang masih terdapat kasus penularan virus corona cukup tinggi. Secara umum, terkait penyebaran virus corona, pemerintah telah membagi empat zona yakni, zona hijau yang berarti daerah aman, zona kuning artinya penyebaran virus corona rendah, zona oranye sedang, dan zona merah.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Karena itu, jangan sampai liburanmu kacau gara-gara salah menentukan destinasi atau tempat tujuan.

Untuk mengetahui zona-zona tersebut kamu bisa mengunduh aplikasi PeduliLindungi di smartphone. Aplikasi ini dikembangkan langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Hindari destinasi yang ramai pengunjung

Untuk mencegah terpapar virus corona, ada baiknya untuk menghindari destinasi yang berpotensi menciptakan kerumunan.

Ubahlah rencana wisata ke tempat yang relatif jarang dikunjungi agar tidak berdesak-desakan dengan wisatawan lainnya.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Lalu, yang paling penting sebelum road trip di new normal, pastikan untuk merencanakan perjalananmu sesuai dengan kondisi terkini.

Ingat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan, sehingga liburan tetap menyenangkan. Jadi, selamat road trip dan jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya.

sumber: seva.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×