Sejak Diresmikan, Sudah 8 Kali Kecelakaan di Jalan Tol Balikpapan Samarinda, Ini Penyebab Utamanya
February 20, 2020
Jangan Asal Bongkar Pasang Aki, Ada Aturan Mainnya
February 21, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Ketika musim hujan, wiper menjadi salah satu komponen yang sangat vital menunjang keselamatan berkendara. Fungsinya sederhana, menyapu air pada kaca mobil agar tidak mengganggu jarak pandang.

Oleh sebab itu perawatannya harus selalu diperhatikan, agar tidak bermasalah saat digunakan terutama disaat musim hujan seperti ini.

Salah satu perawatan wiper yang sederhana adalah mengangkat ketika parkir, terutama saat parkir di area terbuka. Upaya ini bertujuan untuk menjaga agar karet wiper tidak terkena panas dari kaca yang terpapar sinar matahari, sehingga rusak.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Suparna, selaku Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, mengatakan, mengangkat karet wiper ketika parkir memang memiliki efek pada ketahanan usia karet wiper.

“Ketika wiper menempel pada kaca mobil, akan mengalami double impact dari matahari dan panas kaca mobil. Sehingga kecepatan karet wiper menjadi keras dan tidak elastis akan lebih cepat, dan kemampuan untuk menyeka air dari kaca itu tidak akan maksimal,” ujar Suparna kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (20/02/2020)

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Pendapat yang sedikit berbeda justru diungkap oleh Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support Toyota Astra Motor (TAM), menurutnya, mengangkat wiper saat parkir adalah merupakan kebiasaan yang cukup merepotkan.

“Terpapar panas pada kaca depan memang bisa menyebabkan karet wiper menjadi kurang elastis, namun kalau selalu diangkat saat parkir kan repot. Baiknya, melakukan penggantian karet wiper, minimal 6 bulan sekali,” ujarnya kepada Kompas.com.

Diangkat atau tidak saat parkir, tidak mempengaruhi anjuran masa pergantian pada wipe. juga pada jarak tempuh. Jadi, demi tetap memiliki visibilitas yang baik ketika berkendara memang sebaiknya dilakukan penggantian rutin.

Rental mobil murah balikpapan, sewa mobil murah balikpapan, sewa mobil , rental mobil matic , rental mobil lepas kunci, rental mobil innova ,rental mobil avanza, rental mobil mewah , sewa wedding car, rental mobil fortuner, rental mobil alphard, rental mobil hiace, rental mobil xpander, rental mobil pajero sport, rental mobil triton, rental mobil xenia, rental bus pariwisata.

sumber: otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×