5 Cara Mengatasi Mobil Mogok dan Penyebabnya

Salah Kaprah Menerapkan Teknik Setengah Kopling pada Mobil Manual
Salah Kaprah Menerapkan Teknik Setengah Kopling pada Mobil Manual
November 26, 2022
Biar Tidak Kena Tipu, Ini Tips Sewa Mobil Paling Mujarab
December 9, 2022

Tiba-tiba saja mobil mogok di tengah-tengah kita berkendara adalah kondisi yang cukup memusingkan dan bikin panik. Bagaimana cara mengatasi mobil mogok? Sebenarnya, mobil mogok mendadak bisa dibilang hal yang lumrah terjadi yang akan dirasakan para pengemudi. Namun, bila mobil mogok di malam hari atau mobil mogok di jalan tol yang bikin kita panik dan tak tahu harus berbuat apa. Agar mampu mengatasi kondisi seperti itu, catat ini cara mengatasi mobil mogok tidak bisa distarter dan penyebab mobil mogok saat mesin panas.

Cara Mengatasi Mobil Mogok

Hal pertama yang harus dilakukan saat mobil mogok mendadak adalah menarik napas yang dalam sebanyak tiga kali untuk menjernihkan pikiran dari rasa kepanikan. Dengan begitu, kita akan dengan mudah mengingat cara mengatasi mobil mogok tersebut.

Setelah itu, baru bawa mobil mogok ke pinggir jalan atau bahu jalan untuk selanjutnya memikirkan cara mencari bantuan saat mobil mogok di jalan.

1. Dorong mobil mogok ke pinggir jalan

Saat kita merasa mesin mobil akan mati, segera kemudikan mobil menuju bahu jalan atau pinggir jalan sebelum benar-benar mesin mobil akan mati. Akan tetapi, bila ternyata mesin mobil mendadak mogok atau mati, maka kamu bisa mendorong atau meminta bantuan orang lain untuk mendorong mobil ke pinggir jalan.

Mendorong mobil ke pinggir jalan merupakan langkah awal yang harus dilakukan untuk terhindar dari potensi kemacetan panjang atau bahkan kecelakaan lalu lintas.

2. Nyalakan lampu hazard atau pasang segitiga pengaman

Apabila mobil mogok di malam hari, maka sebaiknya nyalakan lampu hazard terlebih dulu sebelum membawanya ke pinggir jalan. Atau, bila ternyata mobil tidak bisa didorong ke pinggir jalan maka menyalakan lampu hazard adalah pilihan yang tepat.

Lampu hazard berfungsi sebagai tanda agar pengguna jalan lainnya berhati-hati saat melintasi mobil kita karena ada mobil di tengah jalan yang berhenti.

Namun, bila ternyata lampu hazard juga sulit dinyalakan, kita bisa mengandalkan segitiga pengaman sebagai tanda darurat.

Idealnya meletakkan segitiga pengaman sejauh 3 sampai 10 meter dari tempat mobil diparkirkan atau beri tanda di jalanan sebelum tikungan atau tanjakan. Setelah dirasa aman, baru kita bisa mengecek bagian mana yang mengalami kerusakan.

3. Ketahui kondisi mobil melalui lampu indikator

Cara mengatasi mobil mogok selanjutnya adalah memeriksa komponen yang rusak melalui lampu indikator yang berdekatan dengan speedometer mobil. Dari sana kita akan mendapatkan informasi komponen mobil mana yang mengalami kerusakan.

Apakah permasalahan terjadi pada aki mobil, suhu tinggi pada radiator, atau hanya sekadar kehabisan bahan bakar. Bila yang terjadi kehabisan bahan bakar maka untuk sementara waktu kita bisa memanfaatkan bensin eceran yang ada di pinggir jalan.

Jika ternyata sumber permasalah terletak pada suhu tinggi pada mesin atau overheat, cara mengatasinya dengan menunggu beberapa saat sampai suhu mesin mobil menurun dan dingin. Lalu buka tutup radiator dan tambahkan air.

Namun, bila ternyata cara ini kurang ampuh maka bisa jadi penyebabnya terletak pada oli mobil.

4. Lakukan pengecekan terhadap beberapa komponen

Apabila sulit menemukan penyebab mobil mogok melalui lampu indikator, kita bisa langsung mendeteksinya dengan membuka kap mesin dan memperhatikan setiap komponen mobil. Berikut ini adalah kemungkinan penyebab mobil mogok dan cara mengatasinya, di antaranya sebagai berikut.

Memeriksa ketinggian air pada aki dan kabel aki mobil

Jika ketinggian air pada aki mobil kurang maka hal ini bisa menyebabkan mesin enggan untuk menyala. Tambahkan air aki mobil. Lalu periksa bagian kabel aki apakah ada yang longgar atau kendur. Atau, melakukan isi ulang daya aki mobil menggunakan aki dari mobil lainnya untuk memancing aki mobil kita.

Periksa sikring yang terkoneksi dengan mesin

Sekring mobil yang longgar atau putus berdampak pada sulitnya kita memutar kunci kontak mobil menuju posisi on. Permasalahan ini umumnya terjadi pada mobil berusia tua, akan tetapi tidak menutup kemungkinan hal ini bisa saja terjadi dengan mobil kita.

Untuk mengatasinya OtoFriends bisa mengencangkan sekring yang longgar atau ganti dengan yang baru.

Periksa karburator mobil

Jika sumber kerusakan terletak pada karburator, maka untuk memperbaikinya kita bisa membongkarnya terlebih dulu lalu membersihkannya. Alternatif cara lainnya bisa dengan membuang bensin yang ada pada karburator melalui baut pembuangannya.

Apakah busi dan kabel busi kotor?

Bongkar busi mobil dan perhatikan apakah ada bagian yang kotor atau kabel busi longgar. Bersihkan busi yang terlihat hitam atau basah. Bila penyebabnya adalah adanya kabel busi yang longgar maka kencangkan busi tersebut.

Periksa kondisi oil mobil

Koil termasuk ke dalam bagian sistem pengapian mesin yang berperan untuk menaikkan tegangan yang berasal dari aki mobil menuju busi guna menghasilkan percikan api di ruang pembakaran. Oleh karena itu, koil memiliki peran yang cukup vital.

Memang koil mobil jarang sekali mengalami kerusakan. Misalnya ternyata koil rusak maka bisa jadi itu karena ada kabel yang putus dari soket, kondisi koil semakin melemah atau kurang setrum.

Periksa dinamo starter

Bila kondisi aki mobil dan koil masih dalam keadaan bagus, mobil memiliki volume bensin yang cukup, maka bisa jadi sumber masalah terletak pada dinamo starter. Periksa komponen mobil yang satu ini, apakah kabel yang menghubungkan dinamo starter terlepas.

Atau, bila ternyata lampu indikator aki menyala saat kita menyalakan mesin mobil, maka kondisi itu berarti dinamo starter tidak mengisi dan kita perlu memperbaikinya ke bengkel mobil terdekat untuk memicu setrum aki mobil.

5. Hubungi bengkel, jasa mobil derek atau pihak asuransi

Situasi seperti ini semakin menyadarkan kita bahwa pentingnya menyimpan nomor jasa derek mobil. Sekalipun kita mengetahui sumber dan penyebab mobil mogok mendadak, kita tetap perlu membawa mobil ke bengkel mobil untuk diperbaiki dengan alat yang mumpuni.

Penyebab Mobil Mogok Mendadak

Untuk menghindari terjadinya mobil mogok mendadak, kita perlu mengetahui penyebab mobil mogok. Secara garis besar, ada 7 penyebab mobil mogok mendadak.

Aki mobil

Aki mobil memiliki peran yang cukup vital terhadap kelancaran sistem kelistrikan mobil. Tak heran bila mobil mogok mendadak biasanya aki mobil adalah komponen yang pertama kali diperiksa selain kecukupan bahan bakar mesin.

Beberapa masalah pada aki mobil yang menyebabkan mobil mogok di antaranya karena ada kabel yang kendur pada bagian terminal plus atau minus atau usia pakai aki mobil yang sudah habis.

Dinamo starter

Penyebab mobil mogok mendadak selanjutnya adalah dinamo starter yang rusak. Sebenarnya, dinamo starter merupakan komponen mobil yang jarang sekali rusak. Akan tetapi, sekalinya rusak bisa menimbulkan mesin mobil sulit untuk dinyalakan.

Alternator mobil

Alternator juga bisa menjadi penyebab mobil mogok mendadak. Fungsinya sebagai penyalur aliran listrik ke aki cukup vital sehingga bila terjadi kerusakan pada bagian ini maka bisa menimbulkan mesin mobil sulit menyala.

Kerusakan yang mungkin terjadi pada alternator mobil di antaranya gulungan kawat tembaga putus, kabel berkarat, usia pakai alternator yang sudah tua atau modifikasi pada mobil yang berlebih sehingga menambah beban listrik yang dibutuhkan mobil.

Karburator mobil

Karburator terkoneksi langsung dengan bahan bakar mesin sehingga bila saluran bahan bakarnya mengalami masalah atau kerusakan maka karburator ikut terganggu. Saluran bahan bakar yang rusak tersebut berdampak sedikitnya volume bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran dan menghambat proses pembakaran.

𝗥𝗔𝗝𝗔𝗧𝗥𝗔𝗡𝗦𝗜𝗧
𝗥𝗲𝗻𝘁𝗮𝗹 𝗠𝗼𝗯𝗶𝗹 𝗕𝗮𝗹𝗶𝗸𝗽𝗮𝗽𝗮𝗻
Perum BDS II Kel. Sungai Nangka. Balikpapan Selatan
Phone : 0812-5661-0219 / 0812-8626-8289
Website : www.rajatransit.com
More info : https://linktr.ee/rajatransit_balikpapan

#sewamobil #rentalmobil #rentcar #sewaonline #transportasibalikpapan #mobil #tour #gathering #travel #wisatabalikpapan #bisnisbalikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus