Kenali Penyebab Embusan Angin AC Bau ‘Apek’

Cara Cegah Penyebaran Virus Corona di Taksi Online
March 6, 2020
Cara Mudah Bikin Kabin Mobil Wangi dan Nyaman
March 6, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Air conditioner atau AC, pendukung utama kenyamanan kabin mobil, bisa mendadak mengeluarkan hawa pengap atau bau tidak sedap. Penyebabnya bisa berbagai macam dan mesti dipahami pemilik mobil.

Salah satu indikasi AC pengap atau ‘apek’ bisa terjadi karena freon atau refrigerant yang merupakan senyawa kimia cair berkurang dan berujung habis. Efek freon habis mengakibatkan udara yang diembuskan ventilasi AC tidak dingin dan bisa jadi mengeluarkan bau tidak sedap.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Freon merupakan cairan yang dapat berubah bentuk dari cair ke gas sehingga sistem AC mengembuskan udara dingin. Bau tidak sedap muncul karena ruang evaporator AC lembab lantaran freon habis.

Kondisi bisa makin parah bila evaporator sudah kotor, hawa pengap bakal menjadi lebih menyengat seperti dijelaskan dalam situs Auto2000. Solusi pada masalah ini freon harus diisi ulang.

Bengkel spesialis AC Rotarybintaro menyebutkan usia freon bervariasi tergantung pemakaian. Dijelaskan, tidak ada waktu pasti lama pemakaian freon, namun umumnya dapat bertahan hingga bertahun-tahun.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Tiga hal yang dapat mempercepat usia freon, pertama, sering membuka jendela ketika AC nyala. Kegiatan ini merupakan kebiasaan buruk yang menyebabkan freon AC mobil dan sistem pendingin bisa terganggu.

Kedua, tidak rutin melakukan perawatan berkala pada AC. Pentingnya melakukan perawatan rutin dapat mendeteksi apakah terjadi kebocoran atau tidak pada sistem pendingin. Kebocoran membuat freon lebih cepat habis.

Ketiga, debu menumpuk pada radiator. Karena hal ini menyebabkan kinerja AC terlalu keras dan freon cepat habis. (ryh/fea)

Rental mobil murah balikpapan, sewa mobil murah balikpapan, sewa mobil , rental mobil matic , rental mobil lepas kunci, rental mobil innova ,rental mobil avanza, rental mobil mewah , sewa wedding car, rental mobil fortuner, rental mobil alphard, rental mobil hiace, rental mobil xpander, rental mobil pajero sport, rental mobil triton, rental mobil xenia, rental bus pariwisata.

sumber: cnnindoensia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×