Jangan Dibiarkan! Ini Dampak Tegangan Aki Mobil di Bawah Normal

5 Alasan Kenapa Harus Cek Kolong Mobil Sebelum Menginjak Pedal Gas
March 2, 2020
Cara Memilih Ban Mobil yang Cocok untuk Musim Hujan
March 5, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Selalu perhatikan kondisi tegangan aki mobil untuk menunjang kinerja perangkat elektrikal mobil.

Dalam kondisi normal, aki mobil memiliki tegangan sebesar 12,5 volt dan meningkat menjadi 14 volt dalam posisi pengisian aki saat mesin bekerja.

Apa dampaknya bila aki mobil memiliki tegangan di bawah angka normal yang dibiarkan?

cek harga rental mobil balikpapan di sini

“Saat starter mobil sedikit lebih lama karena motor listrik kurang mendapat pasokan tegangan listrik yang cukup,” buka Fandy, pemilik bengkel spesialis Cakra Motor 11 Blok M kepada GridOto.com.

Dalam kondisi tertentu, lemahnya tegangan aki malah membuat motor starter tidak bekerja sama sekali yang menjadi penyebab mobil mogok karena aki tekor atau aki drop.

“Aki mobil yang voltasenya di bawah terus juga bisa menyebabkan perangkat elektrikal mobil tidak bekerja sebagaimana mestinya,” ungkap Fandy.

Menurut Fandy, setiap perangkat elektrikal mobil memiliki minimal input tegangan listrik agar bisa bekerja dengan stabil.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Seperti head unit mobil bisa ter-reset karena lemahnya tegangan listrik ke komponen board dan menghilangkan memori di dalamnya.

“Kondisi terparah ECU mobil bisa mengalami kerusakan karena kurangnya arus listrik ke IC dan output listrik ke perangkat lainnya lemah,” jelas Fandy.

Jadi, jangan biarkan kondisi tegangan aki mobil di bawah normal jika tidak ingin terjadi hal yang buruk pada elektrikal mobil.

sumber: gridoto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus