Catat, Tipe-tipe Kamar Hotel, Kamu Biasa Pesan yang Mana?

Ini 5 Mitos Seputar Bensin dan Pengisian Bahan Bakar di SPBU
August 13, 2020
Airbag Mobil, Meningkatkan Proteksi Berkendara
August 13, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Menginap di hotel bisa dilakukan jika kamu ingin menikmati suasana baru selain di rumah. Sebelum menginap di hotel, sebagai calon tamu, kamu wajib melakukan pemesanan kamar.

Saat melakukan pemesanan kamar hotel, kamu akan diminta untuk memilih tipe kamar yang diinginkan. Untuk itu, perlu diketahui apa saja tipe kamar yang ada di hotel.

Ada banyak ragam tipe kamar hotel mulai dari standard room hingga tipe presidential. Tipe standard room merupakan tingkatan dasar tipe kamar yang memiliki fasilitas yang harus dimiliki sebuah hotel seperti tempat tidur, televisi, dan kamar mandi.

Sementara itu, tingkatan paling atas yaitu tipe Presidential ini termasuk dalam tipe Suite Room bahkan harga sewa per malamnya hingga ratusan juta.

Untuk lebih jelasnya, berikut Kompas.com rangkum perbedaan tipe kamar hotel agar kamu tak salah pilih dalam pemesanan

Standard

Tipe kamar satu ini merupakan tipe kamar paling dasar yang dimiliki hotel. Kamar ini biasanya dapat kamu ketahui cirinya lewat harga yang ditawarkan paling murah dari tipe lainnya.

Fasilitas yang disediakan tipe kamar standard seperti tempat tidur, televisi dan kamar mandi. Luas ruangannya juga hanya sekitar 30 meter persegi. Namun untuk fasilitas ini, biasanya juga tergantung pada tingkat klasifikasi hotel jika hotel itu berbintang.

Letak kamar ini dapat mudah diketahui karena posisinya berada di lantai bawah. Oleh karena itu, pemandangan yang disuguhkan jika menginap di kamar ini biasanya tak terlalu indah.

Sementara itu untuk kasurnya, kamar standard biasa berukuran satu jenis kasur ukuran king atau dua kasur ukuran queen.

Harga menginap di kamar standard biasanya dibandrol ratusan ribu.

Superior

Tipe di atas kamar standard yaitu tipe superior room. Tipe ini bisa dikatakan memiliki fasilitas dan luas ruangan lebih bagus dan lebih lebar dari kamar standard.

Hal tersebut karena harga yang dibandrol juga biasanya lebih mahal dari kamar standard, berkisar ratusan ribu hingga jutaan.

Namun, kebanyakan hotel justru mengkategorikan kamar superior merupakan kamar dengan pemandangan dan lokasi lebih baik dari kamar standard.

Pilihan kasur di tipe superior, biasanya ada double bed atau twin bed. Kasur double bed artinya satu kasur dengan ukuran queen size atau king size.

Sementara itu kasur twin bed artinya dua kasur single di dalam kamar itu. Namun, ada juga hotel yang punya twin bed dengan kasur berukuran queen size.

Deluxe Room

Tipe kamar deluxe, satu level lebih tinggi dari superior room. Luas ruangan biasanya sekitar 40 meter persegi dengan fasilitas tambahan seperti coffee maker, kulkas, dan lainnya.

Keunggulan deluxe room dibanding tipe kamar sebelumnya yaitu letak kamar yang berada di lantai atas.

Oleh karena itu, tamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang lebih menarik dari balik jendela lantai atas.

Arti deluxe sendiri memang sebuah kamar yang memiliki luas lebih lebar, fasilitas lebih banyak, dan pemandangan lebih baik dari kamar superior.

Maka, ada baiknya kamu bertanya sebelum memesan kamar hotel agar tak terkecoh.

Junior suite

Tipe kamar berikutnya adalah kamar junior suite. Tipe ini mudah diketahui dengan cara melihat ukuran kamar yang lebih luas dari tipe kamar sebelumnya. Ukuran kamar ini biasanya 50 meter persegi.

Ciri khas lain yang bisa dilihat adalah adanya ruang duduk atau living room dan diberi sekat agar ruang tidur tak terlihat. Namun, ruang duduk dan ruang tidur masih dalam satu ruangan yang sama.

Fasilitas yang dimiliki kamar ini di antaranya area bath tub, shower, dan toilet yang lebih nyaman dan bersekat.

Untuk kasurnya berukuran king bed. Ada juga beberapa hotel yang memiliki akses langsung ke lounge hotel. Tentu dengan fasilitas yang lebih mewah, harga yang dibandrol lebih mahal dari tipe kamar sebelumnya.

Suite

Lebih tinggi dari junior suite, kamu bisa menemukan kamar suite di hotel. Biasanya, kamar ini mulai tersedia di hotel-hotel berbintang tiga.

Beberapa hotel juga menyebut kamar suite dengan kamar bisnis atau business room. Berukuran lebih besar dari tipe junior suite, yaitu 80 meter persegi.

Fasilitas yang disediakan hampir mirip dengan junior suite. Namun, dalam suite room terdapat ruang tamu dan dapur.

Kamar ini lebih sering dinilai seperti kamar apartemen berkelas dengan fasilitas mewah. Harga kamar ini ada yang dibandrol hingga puluhan juta.

Presidential

Tipe kamar paling tinggi di sebuah hotel berbintang, biasanya bintang lima. Tipe kamar Presidential, biasanya berada di lantai paling atas dari hotel.

Oleh karena itu, pemandangan yang disuguhkan pun tak main-main. Kamar ini juga disebut sebagai penthouse.

Selain itu, tipe Presidential Suite juga biasa memiliki julukan lain yaitu Royal Suite. Jika sebuah hotel kedatangan tamu VVIP, biasa ditempatkan di presidential suite.

Fasilitas mewah dihadirkan dalam kamar ini mulai dari kamar yang lebih dari satu, hingga bisa tiga ruang tidur, ruang tamu, ruang makan area kerja yang megah, hingga kolam renang pribadi.

Kamar ini juga biasanya memiliki layanan pribadi seperti butler. Bahkan ada tipe kamar Presidential yang memiliki ruang olahraga pribadi hingga jendela anti peluru karena saking mewah dan keamanannya.

Untuk di Jakarta, tarif tipe kamar Presidential dibandrol biasanya hingga mencapai ratusan juta rupiah.

sumber: travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×