Cara Mudah Bikin Kabin Mobil Wangi dan Nyaman

Kenali Penyebab Embusan Angin AC Bau ‘Apek’
March 6, 2020
Jangan Tunggu Mogok, Ini 7 Tanda Mobilmu Harus Diservis ke Bengkel
March 7, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Merawat mobil itu tidak hanya membersihkan bagian luar saja, tapi bagian kabin juga perlu dirawat agar tetap nyaman. Tentunya dengan membersihkan kabin juga mencegah kuman penyakit bersarang. Namun berbeda dengan eksterior mobil, bagian kabin atau interior ini terdiri dari berbagai material dan juga sudut-sudut yang sulit dijangkau.

Di lokasi yang tidak terlihat dan sulit dijangkau itulah banyak kotoran atau debu yang tersimpan. Membersihkan kabin mobil sebenarnya cukup mudah, hanya saja memang butuh ketelitian dan juga kesabaran. Alat untuk membersihkannya juga mudah didapat dengan harga yang relative terjangkau.

Untuk material yang terbuat dari kain atau pabric, dapat dibersihkan menggunakan penyedot debu dan juga sikat yang halus. Bisa juga menggunakan cairan khusus yang biasanya dijual bebas. Tapi ingat, untuk bagian yang dilapis kulit harus menggunakan cairan khusus yang berbeda.

Bagian dasbor dan panel yang biasanya terbuat dari material plastik juga sebaiknya dibersihkan dengan lap dan cairan pembersih. Gunakan kain microfiber agar tidak membuat baret atau lecet pada bagian dasbor tersebut. Untuk meraih ke sudut-sudut yang sempit sebaiknya gunakan sikat gigi atau kuas.

Jangan lupa untuk membersihkan bagian karpet dan juga di bawah jok. Di sini biasanya area yang banyak debu dan kotoran namun jarang dibersihkan karena tidak terlihat.
Kalau sudah bersih, tinggal membuat kabin mobil menjadi wangi dan segar kembali.

Jika Anda jarang membersihkan kabin, biasanya akan timbul bau tidak sedap. Untuk menjaga aroma kabin adalah menggunakan pembersih khusus yang dapat menghilangkan bakteri dan juga jamur di dalam kabin. Mengutip laman Mitsubishi, meski permasalahannya terlihat sepele, tidak semua bau dapat disingkirkan hanya dengan menggunakan parfum mobil. Karena itu tidak ada salahnya kenali bau dan penyebabnya agar kita bisa menghilangkannya dengan cara yang efektif dan tepat.

Bau Apek

AC memiliki evaporator yaitu bagian yang mengubah udara luar menjadi dingin saat masuk ke kabin. Terciumnya bau apek saat menyalakan AC berarti evaporator terinfeksi jamur. Bau apek juga bisa ditimbulkan oleh kebocoran air yang merembes ke karpet mobil.

Jangan senang dulu saat mencium bau manis di mobil seperti sirup, terutama bila Anda tidak membawa barang yang berbau manis. Antifreeze memiliki bau manis dan bau inilah yang tercium saat terjadi kebocoran pada sistem pendingin. Menghirup antifreeze bisa menimbulkan iritasi pada mata dan sistem pernapasan, jadi saat bau manis seperti sirup muncul, segera cek sistem pendingin mobil Anda.

Bau Terbakar

Bau terbakar dapat ditimbulkan oleh beberapa hal, seperti kebocoran oli yang masuk ke sistem pembuangan, v-belt terbakar, brake pads atau rotor mengalami overheat, atau rem tangan diaktifkan saat mobil berjalan.

Bau Telur Busuk

Bau telur busuk atau sulfur di dalam kabin menandakan catalytic converter yang tidak menyaring hidrogen sulfida di knalpot dengan baik, sehingga konverter mengalami overheat.

Bau Roti Gosong

Timbulnya bau roti gosong kemungkinan besar ada korsleting di komponen listrik atau insulasi dalam mobil mengalami overheat. Bau ini harus segera ditangani karena korsleting bisa mengakibatkan kebakaran pada mobil.

Bau Bahan Bakar

Mencium bau bahan bakar ketika Anda baru mulai menyalakan mesin termasuk wajar. Tapi Anda harus waspada bila Anda mencium bau ini saat mesin sudah panas karena bisa saja tutup tangki kendor, sistem pengendali evaporasi emisi gas buang tersumbat atau bocor, atau juga karena kebocoran bahan bakar.

Bila bau yang tercium di mobil ada seperti penjelasan di atas, coba perhatikan lantai mobil dan sela-sela kursi. Karena kemungkinan bisa jadi ada makanan yang tercecer lama sehingga menimbulkan bau tak sedap. Menjaga kebersihan salah satu cara menjaga kondisi kabin tetap nyaman terbebas dari bau tidak sedap.

Rental mobil murah balikpapan, sewa mobil murah balikpapan, sewa mobil , rental mobil matic , rental mobil lepas kunci, rental mobil innova ,rental mobil avanza, rental mobil mewah , sewa wedding car, rental mobil fortuner, rental mobil alphard, rental mobil hiace, rental mobil xpander, rental mobil pajero sport, rental mobil triton, rental mobil xenia, rental bus pariwisata.

sumber: medcom.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus