Beda Pengoperasian Hingga Perawatan Mobil Matik dan Manual

Sebelum Liburan ini yang Wajib Anda Ketahui, Berikut Tempat-tempat Paling Kotor di Kamar Hotel
September 4, 2020
10 Tempat Wisata Dikenal Paling Horor di Jawa Timur, Berani ke Sini?
September 7, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Mobil-mobil saat ini ditawarkan dengan pilihan transmisi otomatis dan manual. Kedua sistem transmisi itu memiliki beberapa perbedaan. Dari segi pengoperasian hingga perawatannya pun tak sama.
Dikutip dari laman Auto2000, mobil matik tentunya lebih unggul secara teknologi. Tanpa tuas kopling, pengoperasian mobil matik lebih mudah.

Berbeda dengan mobil manual yang harus menyeimbangkan tuas kopling dan pedal gas serta pengoperan gigi persneling. Penggunaan mobil manual dibutuhkan adaptasi yang cukup panjang agar tidak kagok saat menyetirnya.

Dari segi kenyamanan, mobil matik tak bikin pegal apalagi dalam keadaan macet. Pengemudi tidak perlu terus-terusan menahan dan melepas kopling menggunakan kaki kiri seperti pada mobil manual.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Kenyamanan pun dapat Anda rasakan ketika tengah berada pada medan menanjak. Cukup memasukkan gigi untuk tanjakan, Anda hanya cukup menekan pedal gas tanpa perlu memindahkan gigi supaya mobil dapat melaju.

Dalam hal pengereman, mobil matik dinilai memiliki beberapa kekurangan. Sebab, engine brake pada mobil matik dinilai tidak terlalu maksimal. Sehingga Anda harus ekstra hati-hati saat mengerem di medan menurun. Kemudian, saat melaju dalam keadaan cukup cepat dan melakukan pengereman, perlambatan mobil matik lebih lambat. Hal tersebut berimbas pada penggunaan rem yang lebih sering sehingga kampasnya pun akan cepat aus.

Dari segi perawatan, mobil matik memiliki sistem mekanikal dan komponen yang lebih rumit dibandingkan mobil manual manual. Misalnya pompa, komponen elektrikal, dan juga mekanisme pendingin.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Hal ini ternyata berimbas pada perawatan yang dilakukan dan juga biaya yang harus dikeluarkan. Namun, potensi tersebut dapat dihindari dengan merawat mobil otomatis dengan disiplin. Anda pun wajib mengganti oli transmisi otomatis secara berkala.

sumber: oto.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×