Pecah Ban Sebabkan Kecelakaan Fatal, Pelajari Tips Ini Supaya Tak Berujung Maut
July 18, 2020
Lakukan Hal-Hal Ini untuk Mengantisipasi Penularan Virus di Kabin Mobil
July 18, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mengakibatkan mobil akan jarang kamu gunakan. Namun bukan berarti tidak perlu dirawat, karena ketika nantinya ingin kamu gunakan lagi pasti kondisinya harus tetap prima. Jika mobil terlalu lama didiamkan di garasi saja, maka ada potensi mobil kesayanganmu bisa mengalami kerusakan.

Seperti ditulis Mobil88, paling tidak ada 4 bagian yang perlu kamu perhatikan pada mobil kesayanganmu saat terlalu lama didiamkan di garasi.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. Kondisi Aki Berpotensi Menjadi Kurang Prima

Ini adalah risiko yang paling rentan rusak karena mobil hanya terparkir saja dan Anda tidak rutin untuk memanaskan mesin. Komponen aki tugasnya adalah menyimpan daya listrik pada mobil, jika lama tidak dinyalakan maka daya yang tersimpan akan terus berkurang. Sedangkan jika mobil digunakan rutin maka aki ini akan terus menyimpan daya listrik yang didapat dari putaran mesin.

Apalagi jika umur aki mobil sudah di atas 2 tahun, otomatis akan rentan sekali terjadi penurunan kualitas aki tersebut. Cara satu-satunya merawat aki ini dengan rutin menyalakan mobil dan biarkan sampai ke kondisi ideal mesin. Atau lebih baik, sesekali jalankan mobil keliling komplek dan jalan sekitar rumah. Sebab ketika mobil bergerak pengisian daya listrik pada aki lebih maksimal.

2. Ban Kempes

Saat mobil hanya diam saja di garasi, bisa dipastikan tekanan angin pada ban akan susut. Kalau dibiarkan dalam waktu lama maka bisa menyebabkan permukaan ban yang menempel pada lantai menjadi rata. Jika ini terjadi maka bentuk ban tidak lagi jadi bundar. Jika sudah begitu, maka mau tidak mau kamu harus mengganti dengan ban baru.

Untuk menghindari hal tersebut, sesekali jalankan mobil keluar masuk garasi atau bisa juga keliling komplek sambil memanaskan mesin. Agar terjadi perubahan posisi ban yang menopang mobil ke lantai garasi. Hal ini bertujuan agar tekanan angin pada langsung terdistribusi secara merata. Jangan lupa untuk menambahkan tekanan angin jika mobil parkir dalam waktu lama, karena jika dalam kondisi dingin bisa dipastikan tekanan angin di ban akan mengalami penurunan seiring waktu.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. BBM Jadi Basi

Iklim di Indonesia tergolong tropis, sehingga bisa menyebabkan tangki BBM mengembun. Apalagi jika mobil sama sekali tidak pernah dinyalakan. Akibatnya BBM di tangki akan tercampur dengan uap air dari embun. Efek terburuknya adalah menurunnya kualitas BBM atau biasa disebut dengan BBM basi dan juga terjadi karat pada tangki bensin mobil.

Pada mobil bermesin diesel, jika terlalu lama diam maka BBM solar bisa mengendap dan terjadi penyumbatan pada injektor bahan bakar. Jika sudah begini maka Anda mesti mengganti filter solar agar BBM dapat tersaring dan bersih dari partikel kotoran serta karat.

4. Korosi pada Piringan Cakram Rem

Biasanya mobil dengan rem cakram jika terparkir lama maka akan timbul karat atau korosi pada piringan cakram tersebut. Pasalnya material cakram itu biasanya terbuat dari besi. Jika terus dibiarkan menyebabkan berkurangnya performa rem. Juga menimbulkan bunyi saat mobil pertama kali dipakai kembali.

Pastikan mobil tetap dipakai jalan minimal satu kali dalam seminggu. Sebab karat pada piringan cakram pada umumnya bisa hilang sendirinya ketika mobil bergerak. Korosi ini akan luntur karena gesekan dari kampas rem.

sumber: medcom.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×