Yuk, Uji Nyalimu! 5 Fakta Bukit Bangkirai di Kalimantan Timur

5 Jenis Peluang Bisnis Menggunakan Mobil Pick-up
November 26, 2019
Yang Harus Diperhatikan Saat Beli Tiket Online
November 30, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Jika kamu suka dengan wisata alam, gak ada salahnya kamu mengunjungi Bukit Bangkirai. Kawasan wisata alam yang dikelola oleh PT. Inhutani I Unit I Balikpapan ini dapat kamu tempuh 1,5 jam melalui perjalanan darat dari Kota Balikpapan.

1. Lahannya sangat luas, mencapai 1.500 hektare

Melansir dari laman Get Borneo, kawasan wisata Bukit Bangkirai memiliki lahan yang sangat luas, yakni sekitar 1.500 hektare. Selain itu, kawasan ini juga memiliki berbagai macam flora, salah satunya yang terkenal yaitu pohon bangkirai yang usianya mencapai 150 tahun.

Pohon ini merupakan salah satu jenis tanaman terbesar yang ada di Indonesia. Dengan tinggi mencapai 50 meter, pohon bangkirai juga memiliki diameter yang gak kalah besar, yakni 2,3 meter. Wow!

2. Suka dengan ketinggian? Uji nyalimu di sini!

Jika takut dengan ketinggian, kamu tidak perlu nekat naik ke jembatan gantung. Namun, jika suka dengan ketinggian yang menantang, kamu bisa uji nyali di sini. Semakin tinggi kamu menaiki anak tangga, semakin kencang juga angin berembus. Pohon dan jembatan pun berayun-ayun membuat jantung manari-nari.

Sesampainya di atas, kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Seluas mata memandang, kamu akan melihat hamparan hutan hijau yang akan membuatmu melupakan sejenak penatnya beban pekerjaan.

3. Beberapa fauna juga akan kamu temui di sini

Jika kamu beruntung, maka kamu juga akan melihat beberapa janis spesies fauna di kawasan ini, seperti monyet pohon, kera-kera kecil, dan beberapa burung yang gak pernah kamu jumpai di areal perkotaan.

Tarif untuk menikmati jembatan gantung juga sangat terjangkau. Melansir laman Visit My Borneo, harga untuk naik ke kanopi dan jembatan gantung, yaitu Rp25 ribu per orang. Yuk, tunggu apa lagi?

4. Kawasan wisata ini juga digunakan untuk penelitian biodiversitas

Bukit Bangkirai tidak hanya digunakan sebagai kawasan wisata saja, melainkan juga sebagai kawasan penelitian biodiversitas, yakni penelitian tentang ekosistem yang terdapat dalam kawasan ini, baik itu flora dan faunanya.

5. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi

Jika kamu memang ingin berwisata ke kawasan alam Bukit Bangkirai, sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi. Itu karena medannya jauh dan gak ada kendaraan umum yang masuk sampai ke area wisata.

Nah, bagaimana? Kapan kamu siap berangkat? Yuk, rencanakan mulai sekarang.

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
× Ada yang bisa kami bantu ?