Haruskah Mobil Selalu Dicuci Sehabis Kena Hujan?
April 22, 2019
Wisata Belanja Buah Tangan Khas Kalimantan di Citra Niaga
July 26, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Jalan-jalan ke kampung memang selalu mengasyikkan. Hamparan sawah, kelokan serta gemericiknya aliran sungai akan tersaji indah di depan mata.

Tapi berbeda jika kita berjalan-jalan di kampung atas air Margasari Balikpapan. Kampung yang pernah mengantarkan Balikpapan menerima penghargaan Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) Award 2013 ini memang menjadi bukti keberhasilan Pemkot Balikpapan menyulap kawasan kumuh menjadi kawasan yang tertata rapi dan lebih hijau.

Kampung atas air ini berada tepat di belakang Unit Pengolahan V Pertamina. Disebut kampung atas air dikarenakan perkampungan ini memang berdiri di atas air laut.

Untuk menuju ke kampung ini bisa lewat Jalan Sepaku Balikpapan Barat. Karena berada di atas air, maka praktis keseluruhan rumah yang ada berdiri pada jembatan kayu ulin yang memanjang seluas lebih kurang 6,7 Hektar. Namun meskipun berada di atas air, kampung ini tetap hijau dan terdapat Ruang Terbuka Hijau yang menyejukkan.

Kepedulian masyarakat agar kampung ini tetap hijau juga perlu diacungi jempol. Tak segan mereka menanam berbagai macam bunga dalam pot di hampir sepanjang jalan kampung.

Tepat di belakang kampung ini terdapat sebuah jembatan beton yang memanjang. Dari atas jembatan beton ini kita bisa melihat areal konservasi mangrove dan obor kilang yang nyaris tak pernah padam. Jika sore hari, kita akan melihat anak-anak kampung atas air yang asyik berenang di sini.

Sejajar dengan jembatan beton berjajar gazebo-gazebo yang digunakan untuk berjualan oleh warga sekitar. Berbagai kuliner hingga sisha dijual di sini.

Tempat ini biasanya ramai pengunjung bila malam hari, terlebih jika malam minggu. Dan yang menarik, diantara gazebo-gazebo tadi terdapat sebuah gedung yang digunakan untuk kegiatan belajar anak-anak kampung atas air yang tergabung dalam Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif (Asah Pena).

Jika sore hari, gazebo-gazebo ini sering kali digunakan untuk tempat nongkrong oleh sebagian masyarakat atau pengunjung untuk menikmati keindahan senja.

Tak sedikit yang mengabadikan keindahannya melalui camera yang mereka bawa. Keramahan warga dan polah tingkah lucu anak-anak kampung atas air juga membuat nyaman siapapun yang berkunjung ke sini.

Meski hanya sesaat, namun kampung atas air cukup menarik untuk dikunjungi dan bisa menjadi destinasi wisata baru bagi kota Balikpapan.

Jika anda membutuhkan Jasa Rental Mobil di Balikpapan untuk kebutuhan dinas, liburan atau berwisata di Kalimantan Timur, Hubungi kami Rajatransit, Kami menyediakan jasa rental mobil wilayah Balikpapan dengan driver profesional dan kami juga menyediakan paket tour wisata Kalimantan timur. call 081286268289

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×