Usir Bau Rokok di Mobil dengan 5 Bahan di Dapur

Cara Benar Parkir Mobil di Jalan Menanjak dan Menurun, Harus Diganjal
September 21, 2020
Isi Waktu Luang Selama PSBB, Begini Cara Cuci Kolong Mobil Agar Bersih
September 23, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Bau tidak sedap, seperti rokok, menyebabkan perjalanan menjadi kurang nyaman karena aroma yang kurang sedap mengganggu indera penciuman. Solusi untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah, dan bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur.

Menurut laman Seva.id, menghilangkan bau rokok bisa dilakukan tanpa harus membeli pengharum mobil. Cukup memanfaatkan sejumlah bahan-bahan yang ada di dapur, dan dijamin bau tidak sedap itu hilang.

Setidaknya ada 5 bahan yang bisa digunakan, diantaranya;

1. Bubuk Kopi

Sudah bukan rahasia lagi aroma kuat kopi bisa menyerap berbagai macam bau, termasuk bau asap rokok yang menempel di dalam mobil. Caranya cukup sebarkan bubuk kopi dalam kondisi kering di dalam kabin mobil, seperti di bawah karpet dan jok.

Kemudian biarkan bubuk kopi tersebut di dalam kabin mobil kamu selama semalam. Setelahnya agar mobil tidak kotor akibat bubuk kopi bisa di vakum keesokan harinya.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

2. Bubuk Vanilla

Bumbu dapur yang satu ini memiliki keunggulan yang sama dengan bubuk kopi. Aromanya yang kuat mampu menyerap bau tak sedap, serta memberi aroma wangi pada kabin mobil.

Caranya juga cukup membungkus bubuk vanilla tersebut menggunakan kain tipis kemudian letakkan di bawah kursi mobil. Kemudian bubuk vanilla secara alami akan menyerap berbagai aroma tidak segar yang ada di kabin, berganti dengan aroma vanilla.

3. Bubuk Kayu Manis

Bahan yang biasa dipakai untuk membuat kue ini juga masuk ke dalam daftar bumbu dapur yang bisa menghilangkan bau rokok di kabin mobil. Kayu manis memiliki aroma manis yang kuat dan dapat membuat kabin mobil lebih wangi.

Pertama-tama yang perlu disiapkan adalah gelas untuk mencampurkan seperempat gelas bubuk kayu manis dengan setengah gelas cuka apel. Kemudian jika sudah tercampur dengan baik hingga menjadi adonan, letakkan di wadah tertutup lalu beri lubang tutupnya.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

4. Cuka

Meski memiliki aroma yang menyengat, ternyata cuka juga menjadi salah satu bumbu dapur yang bisa menghilangkan bau rokok di kabin mobil. Caranya mirip dengan penggunaan bubuk kopi, yakni cukup letakkan segelas cuka di dalam kabin dan biarkan semalaman. Bau rokok akan hilang keesokan harinya.

5. Baking soda

Untuk menggunakan bumbu dapur yang satu ini kamu cukup siapkan sebuah kotak yang sudah dilubangi, atau cukup menyebarnya kabin mobil. Kemudian diamkan selama beberapa hari. Sangat disarankan untuk melakukan pergantian setiap 2 hari sekali untuk tetap menjaga dari bau rokok.

Penggunaan bumbu-bumbu dapur di atas akan lebih maksimal apabila didukung dengan menyingkirkan semua sampah yang ada di dalam kabin, termasuk memeriksa bagian bawah jok dan karpet. Setelah itu, sedot menggunakan vacum cleaner sampai bersih. Jangan lupa bersihkan juga bagian interior lainnya menggunakan lap dan cairan pembersih agar semakin maksimal.

sumber: medcom.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×