Tips menghilangkan bau rokok di mobil

5 Hal yang harus kamu lakukan jika ingin liburan akhir tahun jadi momen seru!
December 3, 2019
Naik Bus Nyaman Saat Traveling, Baca Dulu 6 Tips Ini
December 5, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Banyak orang mengeluh tentang bau rokok dalam kabin mobil, bau rokok ini sangatlah mengganggu kenyamanan dalam perjalanan. Untuk mengurangi bau rokok biasanya pengendara akan membuka kaca jendela saat perjalanan, padahal hal ini belum tentu bisa mengusir bau rokok yang ada di dalam kabin mobil. Jika bau rokok ini tidak segera diatasi maka kesehatan dan kenyamanan penumpang di dalam mobil bisa terganggu.

Sebernarnya ada banyak cara untuk menghilangkan bau rokok di kabin mobil, salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti bunga, kulit jeruk, dan lain sebagainya.

Namun bahan-bahan alami ini cenderung kurang praktis dalam penggunaannya. Nissan Lovers tidak perlu cemas lagi akan masalah bau rokok ini, karena bau rokok bisa disingkirkan dengan beberapa langkah. Berikut ini ialah tips otomotif untuk hilangkan bau rokok di kabin mobil:

1.   Bersihkan Bagian Kabin Secara Menyeluruh

Tips pertama yang bisa Anda
lakukan adalah membersihkan bagian kabin mobil secara menyeluruh sampai ke bagian-bagian yang tak terlihat. Anda bisa menggunakan sapu kecil dan penyedot debu untuk membersihkannya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan kabin depan dari sudut-sudut hingga bagian bawah jok mobil.

Jangan lupa untuk membersihkan lipatan jok karena biasanya akan ada banyak kotoran di situ. Lalu dilanjutkan pada bagian belakang hingga bawah karpet. Dengan membersihkan kabin secara menyeluruh, maka sumber dari bau akan sedikit berkurang.

2.   Periksa Saluran AC

Tips yang harus dilakukan selanjutnya adalah memeriksa fungsi dan keadaan saluran AC pada mobil. Sering kali kita menjumpai kabin yang bersih namun masih tercium bau asap rokok, hal ini bisa terjadi karena saluran AC tidak bekerja dengan baik. Untuk itu Anda dapat membersihkan filter AC secara manual dengan melepasnya kemudian sikat menggunakan kuas.

Filter AC sangat rentan terhadap air sehingga jangan sampai terkena air apalagi mencucinya. Cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan menyemprotkan angin pada filter tersebut. Bila perlu Anda datang ke tempat perbaikan AC mobil untuk mengoptimalkan fungsi AC mobil Anda.

3.   Buang Sisa Puntung Rokok

Sering kali orang  memiliki kebiasaan setelah merokok lalu membuang puntungnya di dalam kabin mobil. Kebiasaan inilah yang akan membuat kabin mobil Anda menjadi bau rokok. Membuang puntung rokok dalam mobil lalu membiarkannya menumpuk berserakan akan membuat kabin mobil menjadi kotor dan bau rokok yang sulit untuk dihilangkan.

Untuk itu Anda perlu menambah tempat sampah kecil dalam kabin untuk menampung puntung rokok dan membuangnya ke tempat sampah ketika anda sedang berhenti. Jangan membuang puntung rokok sembarangan karena akan mengganggu kebersihan lingkungan. Sangat dianjurkan bagi para Nissan Lovers untuk menambah tempat sampah kecil di dalam mobil.

4.   Gunakan Pengharum

Salah satu peralatan yang wajib ada dalam kabin mobil adalah pengharum mobil. Pengharum mobil ini sangat penting karena dapat menghilangkan dan menetralkan bau yang tidak sedap dalam kabin mobil. Meskipun terlihat sepele namun cara ini sangat efektif.

Pengharum dalam kabin tidak hanya memberi aroma yang wangi saja, tetapi juga akan menambah kenyamanan dalam berkendara karena memberikan kesan sejuk dan bersih. Banyak pengharum mobil yang bisa anda pilih sesuai dengan aroma favorit anda.

Berbagai tips otomotif di atas dapat anda terapkan untuk menghilangkan bau rokok yang terdapat di dalam kabin mobil. Mulailah menjaga kebersihan di dalam mobil demi kenyamanan mengemudi mobil.

Sangat disarankan untuk tidak merokok di dalam mobil guna mengurangi bau rokok yang dapat mengganggu kesehatan penumpang di dalam mobil.

sumber: nissan.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
× Ada yang bisa kami bantu ?