Tips Mencuci Mobil yang Benar, Biar Cat Mobil Awet Mengilap

3 Teknik Pengereman Kendaraan Tanpa ABS Saat Darurat
September 24, 2018
Tips Jitu Stop and Go di tanjakan
November 29, 2018

RajaTransit, Rental Mobil Balikpapan – Tips mencuci mobil yang benar wajib Anda ketahui.

Dengan tips mencuci mobil yang benar, cat mobil Anda akan terjaga warna dan keawetannya.

Berikut tips mencuci mobil yang benar dari GridOto.com

1. Penggunaan alat cuci mobil

“Siapkan dua wadah terpisah untuk sampo mobil dan air untuk membilas spons setelah mengusap mobil,” jelas Darmawan, Business Development PT Mega Auto Prima sebagai distributor resmi Sonax di Indonesia kepada GridOto.com (9/8).

Tujuannya agar wadah berisi air sampo tidak tercampur dengan partikel kotoran yang menempel di spons setelah mengusap mobil.

Jika dijadikan satu, saat ingin mengusap kembali, endapan kotoran yang tercampur air sampo mobil ikut menempel dan mengakibatkan baret saat mengusap mobil kembali.

“Untuk yang menggunakan alat steam, gunakan semprotan pelan untuk bagian bodi mobil agar tidak terjadi baret halus atau swirl pada cat mobil,” lanjut Darmawan.

2. Penggunaan cairan yang benar

“Kualitas air tanah di Indonesia cenderung kurang baik karena mengandung endapan partikel serta mineral besi,” ujar Darmawan.

Gunakan air suling yang bersih dan bebas endapan serta mengandung nilai ph yang netral.

“Karena air yang terlalu asam atau basa bisa melukai lapisan clear coat pada cat mobil yang berfungsi sebagai proteksi lapisan dasar cat mobil,” jelas Darmawan.

Sama halnya dengan penggunaan sampo, hindari penggunaan sampo mobil yang terlalu banyak busanya.

Menurut Darmawan, kandungan busa yang banyak menjadi indikator tingkat ph basa yang semakin tinggi.

“Sama halnya dengan penggunaan sabun cuci piring atau sabun colek, busanya banyak dan lebih cepat mengangkat kotoran, namun tidak bagus untuk permukaan cat,” lanjut Darmawan.

3. Teknik mencuci mobil

“Cuci mobil dari bagian atas dulu ke seluruh bagian, kemudian bertahap ke bagian bawah mobil,” ujar Darmawan.

Masih banyak pemilik mobil yang mencuci mobil pada satu bagian mulai dari atas kemudian ke bawah, saat berpindah ke bagian lain kembali mulai dari atas.

“Partikel kotoran di bagian bawah mobil itu cenderung lebih besar daripada bagian atas mobil,” jelas Darmawan.

Bila Anda telah mencuci bagian bawah dari mobil kemudian kembali ke bagian atas, misalkan kerikil aspal yang menempel di spons bisa menyebabkan baret saat Anda mengusap bagian atas mobil.

Jika anda membutuhkan Jasa Rental Mobil di Balikpapan dan Ingin berwisata di Kalimantan Timur, Hubungi kami Raja Transit, Kami menyediakan jasa rental mobil wilayah Balikpapan dengan driver profesional dan kami juga menyediakan paket tour wisata Kalimantan timur. call 081286268289

 

sumber: gridoto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×