Tips Memilih Hotel yang Nyaman dan Sesuai Budget

4 Tip agar Mobil Irit BBM
February 4, 2020
Wadah bagi Pelaku Usaha, Pelantikan Tim IKN Balikpapan Tertunda Lagi
February 11, 2020

Rajatransit, Rental mobil Balikpapan – Hotel adalah salah satu hal yang penting saat liburan. Oleh karena itu, memilih hotel yang nyaman adalah hal penting. Namun, kamu juga harus memikirkan budget. Sebab, kamu tentu tidak mau budget liburan habis untuk hotel saja, kan? Kompas.com berbincang dengan Astrin Christina Corporate Asst. Manager Operations System Santika untuk mengetahui tips memilih hotel yang nyaman dan sesuai budget liburan.

1. Lihat kelas hotel

Pertama, kamu bisa melihat kelas masing-masing hotel. Pasalnya, setiap kelas hotelbintang satu hingga lima–punya fasilitas kamar berbeda. Ada kamar berkapasitas satu hingga enam orang dengan extra bed, tergantung dari masing-masing kelas hotel.

Astrin mencontohkan Hotel Amaris yang merupakan hotel budget dengan ukuran kamar 16-18 meter persegi. Selain itu juga punya fasilitas kasur 160×200 cm.

Menurutnya, hotel dengan tipe tersebut cocok bagi keluarga yang memiliki satu anak, atau para backpacker yang pergi berdua.  Namun, hotel semacam itu tidak bisa menampung tamu lebih dari tiga orang.

Karena itu, jika berpergian dengan keluarga dan teman berjumlah lebih dari tiga orang, maka bisa memilih hotel dengan kapasitas lebih banyak. “Kalau Santika itu sudah 120×100 cm untuk twin bed-nya, kemudian 200×200 cm untuk kasur Hollywood-nya dan bisa extra bed. (Sementara) kalau di Amaris tidak bisa extra bed,” papar Astrin.

Tamu yang menggunakan extra bed bisa lebih murah dari pada menyewa dua kamar di hotel budget. Selain itu, tipe kamar yang bervariasi dapat menambah pilihan bagi para tamu. Beda hal dengan hotel budget yang rata-rata tidak punya banyak pilihan kamar.

2. Pilih sesuai kebutuhan

Hotel yang dipilih juga bisa berdasarkan kebutuhan tamu. Jika tamu memprioritaskan jalan-jalan, maka bisa memilih hotel harga murah, namun tidak terlalu besar. Jika pergi ramai-ramai, maka bisa pesan satu kamar dan extra bed untuk menghemat biaya hotel. “Ada tamu yang penting jalan-jalan, kamar sesak sedikit, tapi dapat harga murah. Sisa uang hotelnya bisa dialokasikan untuk jalan-jalan,” jelas Astrin

Namun, ada juga tamu yang rela membayar uang lebih untuk mendapatkan fasilitas sesuai kebutuhannya. Astrin mencontohkan keluarga yang membawa bayi. Biasanya para tamu tipe tersebut ingin mendapatkan fasilitas baby box di kamar.

Karena itu, tamu bisa memilih kamar yang besar dan bisa menampung baby box. Menurut Astrin, kebanyakan traveler selama ini memilih sempit-sempitaan di kamar. Hal tersebut tidak masalah asalkan bisa jalan-jalan di banyak tempat.

Biasanya tamu dengan karakteristik di atas memilih hotel budget untuk penginapannya.

3. Pastikan aman

Saat ini, hotel mulai banyak variasi dan inovasi. Ada hotel yang berkonsep sharing room, atau berbagi kamar dengan tamu lainnya. Biasanya, harga yang ditawarkan lebih murah. Hotel seperti ini dapat menjadi satu rujukan untuk menghemat biaya liburan. Namun hal yang harus dipertimbangkan lagi adalah kenyamana dan keamanan.

“Sekarang ada yang sharing room itu hati-hati, dan kadang-kadang tidak nyaman, karena bisa mendengar suara tamu lain. Kamar mandinya juga untuk bersama-sama,” papar Astrin. Selain itu, rumah warga atau homestay juga biasanya menjadi pilihan bagi para backpacker untuk menghemat biaya. Namun, kamu juga harus tetap berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan homestay. “Kadang ada saat didatangi rumahnya enggak ada, padahal sudah bayar,” ujar Astrin.

sumber: travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×