Tips Memilih Fog Lamp atau Lampu Sorot

7 Kiat Menghindari Mobil Terbakar
July 30, 2020
Catat Ini 4 Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol
August 4, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Lampu menjadi peranan penting sebagai penerangan terutama ketika gelap. Termasuk bagi kendaraan Kamu. Salah satu jenis lampu sorot untuk mobil yang mesti ada adalah fog lamp. Lampu kabut atau fog lamp berperan penting terutama ketika Sahabat berkendara di saat hujan lebat atau berkendara pada daerah atau cuaca yang berkabut.

Pancaran sinar dari fog lamp dinilai mampu membantu penglihatan pengemudi dalam menembus lebatnya hujan dan kabut tebal. Hal tersebut tentunya akan meminimalkan terjadinya kecelakaan, sehingga fog lamp mampu meningkatkan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Fog lamp sendiri memiliki dua macam warna, ada yang mengeluarkan cahaya kuning, ada pula yang bercahaya putih.

Memilih lampu sorot untuk mobil terutama fog lamp tidak bisa sembarangan. Salah-salah malah jadi percuma dan tidak bisa membantu di kala melintasi daerah berkabut atau menemui kondisi berkendara di tengah hujan lebat.

Berikut berbagai tips memilih fog lamp yang tepat untuk mobil Sahabat, antara lain:

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. Pilih fog lamp berkualitas terbaik

Fog lamp yang memiliki kualitas terbaik tentunya harus sudah memiliki sertifikat ISO sebagai penjamin mutunya, juga harus punya E-mark. Fog lamp yang berkualitas baik tentunya akan tahan lama dan tidak mudah rusak. Hal ini juga merupakan salah satu upaya dalam menghemat budget.

2. Pilih fog lamp yang mudah dipasang dan hadir dalam set komplit

Hal berikutnya yang perlu Sahabat perhatikan dalam memilih fog lamp adalah pili yang mudah dipasang. Hal ini akan memudahkan Sahabat ketika terjadi kerusakan dan Anda harus mengganti fog lamp segera, sehingga Sahabat bisa memasangnya sendiri tidak harus dibawa ke bengkel. Selain itu, pilih fog lamp yang hadir dalam set komplit dengan kabel, baut, switch, dan relay. Kedua hal ini tentunya memiliki kelebihan dalam hal menghemat biaya.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Pilih fog lamp yang tahan air

Karena fog lamp difungsikan untuk penerangan dan membantu visibilitas pengendara ketika berkendara di tengah hujan lebat dan kabut tebal, Sahabat harus memilih jenis fog lamp yang tahan air. Sehingga ketika beroperasi, fog lamp tidak kemasukan air yang biasanya menjadi penyebab lampu mati.

4. Pilih bohlam jenis halogen

Bohlam yang berisi halogen akan memancarkan cahaya yang berwarna kuning. Cahaya ini idealnya ada pada 3.000 Kelvin dan mampu menembus kabut maupun hujan lebat. Menggunakan bohlam jenis halogen akan memberikan keuntungan pula dalam hal menghemat biaya pembelian karena harganya lebih murah. Selain itu, daya tembusnya juga lebih kuat. Namun, lampu bohlam cenderung cepat panas sehingga kurang hemat energi. Usia fog lamp jenis ini bisa mencapai 350 jam.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

5. Pilih fog lamp LED dengan cahaya berwarna kuning

Selain lampu bohlam berisi halogen, Sahabat juga bisa memilih fog lamp jenis LED yang memancarkan cahaya berwarna kuning. Fog lamp LED akan menghadirkan kecerahan tinggi dan lebih hemat energi. Daya tahannya juga lebih lama daripada bohlam jenis halogen, usianya bisa mencapai 500 jam. Namun harganya lebih mahal daripada bohlam jenis halogen.

6. Pilih fog lamp yang dilengkapi reflector

Tips memilih fog lamp yang terakhir adalah pilih yang dilengkapi dengan fitur reflector. Adanya fitur ini, menjadikan Sahabat leluasa dalam mengatur penerangan sesuai kebutuhan. Sehingga akan dihasilkan penerangan yang lebih optimal.

Beberapa tips tersebut dapat Sahabat jadikan pertimbangan ketika akan mengganti atau memilih fog lamp yang tepat untuk mobil Sahabat. Hal yang terpenting, pastikan budget dan fungsi dari fog lamp sendiri tidak melenceng dan sesuai kebutuhan.

sumber: daihatsu.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus