Tips Liburan Aman Bareng Keluarga di Masa New Normal

Ternyata 2 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Munculnya Swirl di Bodi Mobil
June 23, 2020
Beli Mobil Bekas Taksi, Cek dan Siapkan Dana Perbaikan 3 Bagian Ini
June 25, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Momen new normal atau kenormalan baru, tempat wisata mulai dibuka kembali untuk umum. Tapi ada aturan mengenai adaptasi kebiasaan baru yang harus dijalankan untuk mencegah penularan Covid-19. Bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga bisa mempelajari tips singkat berikut agar aman dan nyaman.

Dikatakan oleh Aftersales Division Head Auto2000, Ricky Martawijaya, bahwa penting untuk memperhatikan hal-hal baru agar liburan tidak membawa bencana bagi keluarga. Terlebih, jika menggunakan kendaraan atau fasilitas umum seperti tempat makan dan lain sebagainya.

“Anda diharapkan tetap waspada dan harus disiplin menjalankan protokol kesehatan saat berlibur, baik di jalan maupun di lokasi tujuan. Termasuk mempersiapkan kendaraan dengan seksama untuk melindungi keluarga tercinta.”

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Lebih detail, Ricky menjabarkan secara gamblang beberapa hal yang patut diperhatikan.

1. Pelajari Lokasi Tujuan Wisata

Anda harus mendapatkan informasi awal lokasi yang akan didatangi, termasuk apakah perlu membawa surat kesehatan. Pastikan tempat tersebut telah menerapkan protokol kesehatan seperti membatasi jumlah pengunjung, menyediakan tempat cuci tangan, mewajibkan penggunaan masker, dan menerapkan aturan physical distancing. Kalau ragu, sebaiknya tunda mendatangi lokasi tersebut.

2. Bawa Dokumen Penting dan Siapkan Tas Siaga COVID-19

Selain KTP, Anda juga wajib membawa fotokopi kartu keluarga untuk berjaga-jaga jika ada check-point atau kebutuhan lain di tujuan berlibur. Pastikan pengemudi membawa SIM A dan asuransi mobil masih berlaku.

Bawa juga tas siaga Covid-19 yang berisi perlengkapan pribadi seperti masker cadangan, hand sanitizer, sabun cuci cair, tisu basah, kantong penyimpan masker kotor, serta perlengkapan shalat dan makan pribadi. Pastikan setiap anggota keluarga membawa satu tas tersebut.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Jalankan Protokol Kesehatan

Selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan. Yakni pakai masker, cuci tangan sesering mungkin, dan jaga jarak aman. Walaupun dalam satu mobil hanya berisi 1 keluarga, tetap terapkan aturan physical distancing yaitu 2 orang untuk setiap baris bangku.

4. Jaga Kebersihan Mobil

Usahakan mobil selalu bersih dengan mencucinya sebelum dan sesudah perjalanan, termasuk jika harus menginap. Bawa perlengkapan mencuci mobil supaya praktis dan menutupnya dengan selimut mobil yang dapat dibeli di dealer-dealer mobil Anda. Anda juga bisa membawa boks sebagai tempat meletakkan pakaian atau masker kotor. Semua perangkat tersebut juga bisa dibeli di Auto2000 Digiroom.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

5. Persiapkan Dukungan Berkendara

Isi penuh bahan bakar dan kartu pembayaran elektronik agar Anda tak perlu banyak berhenti. Pakai gagang saat menempelkan kartu di gerbang tol otomatis. Pelajari rute mengandalkan peta digital untuk memudahkan perjalanan.

Siapkan makanan dan minuman ringan dalam usaha mengurangi singgah ke minimarket atau restoran. Kalaupun harus singgah, pastikan tempat tersebut menjalankan protokol kesehatan. Jika tidak, sebaiknya mencari lokasi yang lebih aman.

6. Catat Nomor Kontak Emergency

Salah satu hal yang tak boleh dilupakan dalam bepergian jauh adalah nomor kontak emergency atau darurat. Misalnya Emergency Road Assistance (ERA) selama 24 jam penuh milik Auto2000 sehingga Anda tak perlu khawatir ketika mobil mengalami masalah.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

7. Periksa Kondisi Mobil

Melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kendaraan, adalah hal penting. Tentu untuk memastikan kendaraan tidak mengalami masalah dalam perjalanan.

sumber: medcom.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus