Tips Aman Wisata Belanja di Mall saat Pandemi

Ini 4 Kelebihan Mobil Pintu Geser
September 11, 2020
Bensin Mobil Boros? 6 Hal Ini Bisa Jadi Sumber Masalahnya
September 11, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Memasuki new normal pariwisata, sejumlah mall sudah membuka diri. Namun traveler tetap harus berhati-hati kala berbelanja karena pandemi Corona masih menjangkiti Indonesia. kami telah telah merangkum beberapa tips aman wisata belanja di mall. Perhatikan, ya!

1. Pastikan traveler dalam kondisi sehat

Kondisi sehat merupakan syarat utama traveler berkunjung ke mall dan tempat wisata lainnya. Jika traveler sedang demam, batuk, atau flu, lebih baik berdiam dulu di rumah untuk mencegah kondisi tubuh makin menurun atau justru menulari pengunjung mall yang lain.

Selain itu, setiap mall kini dilengkapi dengan sistem pengecekan suhu tubuh, baik melalui thermo gun maupun alat deteksi otomatis. Pengunjung yang boleh masuk hanyalah yang suhunya di bawah 37,5 derajat celcius.

2. Mengenakan masker

Traveler wajib mengenakan masker untuk menghindari terpapar virus Corona. Beberapa mall menjual masker di pintu masuk bagi pengunjung yang tak memakai masker. Namun sebaiknya traveler sudah mengenakannya dan membawa masker cadangan jika menghabiskan waktu berjam-jam di dalam mall.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Rajin cuci tangan

Salah satu cara mencegah penularan Corona adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Traveler dapat memanfaatkan wastafel untuk cuci tangan di pintu masuk mall dan toilet di dalam mall untuk membersihkan tangan setelah menyentuh barang di mall.

4. Membawa hand sanitizer

Hand sanitizer juga wajib dibawa dan digunakan apabila traveler kesulitan menemukan wastafel cuci tangan. Berdasarkan pengalaman detikcom, tak seluruh restoran di mall menyediakan wastafel untuk cuci tangan.

Maka hand sanitizer dapat digunakan sebagai langkah pertama membersihkan tangan. Namun ada baiknya traveler tetap mencuci tangan di toilet terdekat sebelum makan di restoran.

5. Jaga jarak

Mall sudah dilengkapi dengan tanda untuk jaga jarak, baik di antrean kasir, tempat duduk, sampai restoran. Ikutilah aturan tersebut agar traveler dapat terhindar dari kontaminasi droplet.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

6. Hindari memakai pakaian yang dipajang di mall

Untuk mencegah terjadinya kontak fisik antar pengunjung, traveler juga sebaiknya tidak mencoba memakai pakaian yang dipajang di mall. Sejumlah mall telah memberlakukan aturan tersebut namun ada pula yang tidak. Sebaiknya traveler memastikan protokol yang berlaku sebelum berbelanja pakaian di mall.

7. Pembayaran secara cashless

Traveler juga dapat menerapkan pembayaran melalui aplikasi yang sifatnya cashless untuk menghindari kontak fisik yang berlebihan dengan kasir.

8. Perhatikan jam operasional mall

Nah selama masa pandemi Corona ini, terjadi perubahan jam operasional mall. Umumnya mall akan buka lebih siang dan tutup lebih awal dari jadwal semula.

Jumlah pengunjung juga dibatasi dan dikurangi dibandingkan dalam kondisi normal. Sebaiknya traveler mencari informasi terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya antrean masuk mall.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

9. Membawa alat makan sendiri

Jika ingin makan di restoran mall, sebaiknya traveler membawa sendok, garpu, sumpit, dan sedotan sendiri dari rumah. Selain lebih higienis dan ramah lingkungan, ini juga dapat mencegah penularan Corona.

10. Segeralah mandi sepulang dari mall

Setelah berkunjung ke tempat umum seperti mall, traveler wajib segera membersihkan diri dengan mandi dan keramas. Ini bertujuan untuk membersihkan dan membunuh bakteri serta virus yang melekat di badan.

sumber: detik.travel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×