Timbulkan Kemacetan, Polisi Usul ‘Citayam Fashion Week’ Dilakukan Saat CFD

5 CARA AGAR TERHINDAR DARI PENCURIAN PECAH KACA MOBIL
July 15, 2022
rajatransit rental sewa mobil lepas kunci pelayanan supir balikpapan samarinda wisata travel migas tambang kantor dinas kunjungan kerja ikn bappenas kalimantan timur
Mitos atau Fakta, Mobil Pakai Knalpot Racing Bikin Boros BBM?
August 1, 2022
jakarta citayam fashion week

Fenomena subkultur berjuluk ‘Citayam Fashion Week’ yang makin ramai menimbulkan kemacetan di sekitar Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Polisi pun memberikan saran.

Beberapa pekan terakhir, anak-anak muda dari kawasan Citayam, Bojonggede, maupun Depok ramai berkerumun di sekitar zebra cross Dukuh Atas. Cara berpakaian mereka yang unik, ditambah eksposur dari media sosial akhirnya mencetuskan julukan ‘Citayam Fashion Week’.

Kerumunan makin banyak karena para warga Jakarta yang penasaran, selebritas, YouTuber, maupun content creator ikut bergabung. Bahkan, zebra cross Dukuh Atas diubah menjadi catwalk dadakan.

Kombinasi semua hal itu menimbulkan kemacetan lalu lintas. Polisi kemudian mengingatkan para pelaku ‘Citayam Fashion Week’ agar aktivitas mereka tidak mengganggu para pengguna jalan lainnya.

“Penggunaan jalan, kan, ada ketentuannya. Dalam artian aktivitas masyarakat boleh menggunakan jalan selama tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Kami tidak akan mematikan kreativitas masyarakat selama tidak mengganggu. Kami akan melakukan penjagaan,” ujar Direktur Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Dirlantas Polda) Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman, seperti dikutip dari situs NTMC Polri pada Senin (25/7/2022).

Latif lalu mengusulkan ‘Citayam Fashion Week’ dilaksanakan pada momen-momen yang tidak padat kendaraan. Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan) yang berlangsung setiap Minggu pun ia nilai sebagai waktu yang tepat.

Jika tetap digelar pada hari biasa yang padat lalu lintas kendaraan, ia merasa polisi perlu menertibkannya atau memindahkannya ke lokasi lain.

“Car free day berarti kan enggak ada kendaraan yang melintas. Apalagi di Jakarta aktivitas masyarakat cukup tinggi, maka kegiatan itu akan dihentikan demi ketertiban umum,” terang Latif.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, di sisi lain, menegaskan zebra cross tidak boleh digunakan sebagai catwalk dadakan. Kegunaannya hanya untuk jalur penyeberangan untuk para pejalan kaki.

Ia juga merasa ‘Citayam Fashion Week’ perlu dipindahkan ke tempat yang lebih sesuai.

“Tentu kami akan coba tempat yang terbaik untuk anak-anak kalau ingin terus melaksanakan fashion week tersebut,” pungkas Riza.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus