Sedan Kurang Diminati Di Indonesia, Bisa Jadi Ini Sebabnya

Cuci Mobil Sendiri, Harus Selalu Perhatikan Langkah-langkah Ini
September 2, 2020
Ingin Meminang Mobil Bekas Matic? Jangan Lupa 4 Langkah Pengecekan Ini!
September 2, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Dibandingkan mobil jenis lain, mobil jenis sedan memang paling sedikit peminatnya di Indonesia. Padahal, di masa lalu, sedan pernah menjadi jenis mobil yang diminati konsumen. Bahkan, setiap merek mengeluarkan tipe-tipe sedan terbaiknya yang kemudian menjadi legenda pada masanya.

Saat ini, mayoritas konsumen otomotif merasa cukup puas dengan mobil jenis MPV atau SUV. Jika berukuran kecil, mereka senang dengan yang mungil seperti hatchback. Sedan seolah semakin terlupakan.

Berikut ada beberapa alasan yang mungkin menjadi latar belakangnya:

1: Kebutuhan masyarakat lebih pada mobil keluarga

Suasana guyub di dalam keluarga, rupanya turut mempengaruhi pilihan kendaraan. Cukup dengan satu kendaraan, diharapkan seluruh keluarga dapat terakomodir di dalamnya. Karena itu pilihan jatuh kepada mobil-mobil berkapasitas besar, hingga 6-7 penumpang. Sementara sedan maksimal hanya 4 orang.

2: Kondisi jalan tidak memungkinkan

Pada umumnya kondisi jalan raya di Indonesia kurang ramah terhadap mobil sedan yang rata-rata ground cleareance-nya rendah. Selain banyak lubang-lubang kerusakan, terkadang ada juga hambatan berupa “polisi tidur” yang tidak sesuai standar. Akibatnya, pemilik kendaraaan selalu was-was dan harus ekstra hati-hati dalam mengemudi. Mereka akhirnya cenderung memilih mobil dengan ground clereance tinggi.

3: Pajak dinilai tinggi

Di masa lalu, pajak kendaraan dinilai dari ruangan mesin, penumpang, dan bagasi. Perhitungan tersebut berakibat sedan dimasukkan dalam kategori mobil mewah. Pajaknya juga tinggi. Meski saat ini aturan sudah dibuat lebih fleksibel untuk sedan-sedan jenis tertentu, namun persepsi “mahal” ini sudah telanjur melekat di benak masyarakat.

4: Jalan sering banjir

Di beberapa wilayah di Indonesia, banjir bisa datang tanpa bisa diduga-duga. Bahkan di Ibukota sekalipun. Terutama pada saat musim hujan. Padahal, sedan adalah kendaraan yang tidak mungkin melintasi daerah genangan air. Pemilik kendaraan jadi berpikir dua kali untuk meminangnya.

5: Tidak bisa membawa banyak barang

Jika dibandingkan ruang bagasi SUV atau MPV, kapasitas penyimpanan bagasi sedan cukup terbatas. Rupanya kenyataan ini mempengaruhi pilihan dari konsumen yang butuh ruang lebih luas. Bahkan jika dibandingkan dengan hatchback tipe-tipe tertentu, bagasi sedan masih dianggap terbatas.

Dibandingkan mobil-mobil jenis lain, tentu saja penawaran mobil sedan bekas di pasaran juga tidaklah banyak. Meski begitu, peminat sedan umumnya berasal dari penggemar yang fanatik dan loyal. Mereka tetap mencari mobil-mobil dengan kondisi terbaik.

Jika Anda termasuk salah satu peminat sedan dengan budget terbatas, percayakan saja pengecekan mobil Anda pada jasa inspeksi mobil bekas. Hasilnya dapat dipercaya dan memberi kepuasan.

sumber: otospector.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×