Sebelum Membeli Mobil, Lebih Baik Pikirkan Dulu 6 Hal Wajib Ini

Mazda CX-30 Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Fitur Unggulannya
January 29, 2020
6 Lokasi Wisata di Indonesia untuk Kamu Pencinta Olahraga Ekstrem
January 29, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Hidup semakin hari semakin membentuk serangkaian impian. Mempunyai penghasilan yang besar, rumah yang tidak mengontrak lagi, bisa traveling ke luar negeri, atau mempunyai kendaraan idaman yang akan membawamu ke mana saja. Ya, sebuah kemapanan yang terpampang nyata jika semuanya berhasil didapatkan, tentu saja dengan kerja keras dan tekad yang kuat untuk mewujudkannya.

Selain gelar kemapanan di atas, kita pun tentunya ingin dimudahkan dengan mobilitas. Ah, capek naik kendaraan umum terus atau naik motor terus, saatnya memikirkan untuk meminang kendaraan roda empat yang menjadi daftar impianmu selanjutnya. Eits, tapi ingat sebelum membeli mobil lebih baik pikirkan 6 hal yang menjadikan dirimu lebih bijak dalam menyikapinya. Jangan asal punya mobil, lantas kamu nanti merana. Yuk, simak penjelasan berikut ini!

1. Garasi mobil apakah tersedia atau tidak

Sebelum membeli mobil, pikirkan apakah tersedia tempat untuk menaruh kendaraan di rumah. Lebih baik memang punya car port atau garasi sendiri. Hal ini tentunya merupakan pemikiran sangat bijak karena jika kamu memarkirkan mobil di tempat umum atau di pinggir jalan, akan riskan dengan keamanannya.

Selain itu, menaruh mobil di tempat umum akan mengganggu fasilitas warga. Rasanya kurang bijak jika memarkirkan mobil di pinggir jalan umum atau di mulut gang.

2. Biaya servis berkala sampai servis besar

Jika punya mobil, harus siap memikirkan biaya servisnya. Mobil membutuhkan servis berkala agar performanya tetap prima. Gak mau dong nantinya mobilmu mogok di jalan yang justru bukan membuat senang, malah akan menyusahkanmu.

Untuk itu, bijak dalam menghitung budget untuk servis ini, kadang namanya kerusakan mobil juga suka mendadak, misalnya tiba-tiba accu yang soak karena lupa menggantinya atau ada insiden di perjalanan. Nah, harus punya dana cadangan jika hal ini terjadi.

3. Biaya Pajak STNK yang harus dibayar tahunan dan tepat waktu

Satu lagi yang harus kamu pikirkan jika akan meminang mobil impianmu. Ya, biaya pajak tahunan yang harus dibayarkan tepat waktu agar mobilmu surat-suratnya tetap legal dan sebagai warga negara yang baik tentunya harus taat pajak.

Membayar pajak tahunan memang saat ini terbilang relatif mahal, apalagi menyesuaikan dengan kapasitas cc kendaraan serta jenis pabrikan asal mobil itu dibuat. Jadi, pikirkan dengan matang ya!

4. Biaya BBM, parkir, dan tol

Jika membeli mobil untuk menunjang mobilitasmu ke mana saja, misalkan untuk menjalankan aktivitas ke kantor, pikirkan juga biaya bahan bakar minyak yang dibutuhkan, biaya parkir, tol, dan lainnya. Jika penghasilanmu cukup untuk membayar itu semua, silakan lakukan dan pastinya penuh dengan perhitungan yang matang.

Tapi, jika penghasilanmu pas-pasan, sebaiknya urungkan niatmu untuk mempunyai mobil. Hidup sederhana dahulu tidak masalah, bisa menabung nanti untuk mewujudkannya, bukan?

5. Kesiapan mental dalam mengemudikan mobil

Sebelum mempunyai mobil, ada baiknya mempersiapkan mental terlebih dahulu. Apakah siap mengemudikannya dengan penuh keyakinan dan percaya diri?

Oleh karena, sebelum mempunyai Surat Izin Mengemudi, diuji dahulu dengan serangkaian tes yang dilakukan oleh pihak yang berwenang. Selain itu, mengemudi juga tidak boleh sembarangan harus mematuhi peraturan yang berlaku serta dituntut untuk safety driving yang baik dan benar. Apakah kamu siap?

6. Jika merencanakan membeli mobil secara kredit, perhitungkan dengan matang kemampuan

Nah, ini yang sering kali dilakukan oleh masyarakat sekarang ini. Mempunyai sesuatu dengan mencicil. Tidak ada yang salah memang dengan metode pembelian barang secara kredit ini.

Namun, jika kamu memutuskan membeli mobil dengan sistem kredit, harus cermat menganggarkan angsurannya yang harus dibayarkan setiap bulannya. Tentunya, disesuaikan dengan kemampuan dan penghasilan yang kamu dapatkan.

Orang yang bijak, tentunya memikirkan perencanaan yang matang jika memutuskan untuk kredit, jangan sampai membebani serta menyusahkan diri sendiri. Apalagi, pembayaran angsuran yang mandeg bahkan gagal bayar yang akan merugikan dirimu sendiri.

Begitulah guys, dalam memikirkan segala sesuatu memang harus dilakukan dengan matang serta penuh perhitungan. Hidup bukan soal kita punya segalanya yang mencirikan kesuksesan, tapi punya sesuatu dengan senang hati dan bersyukur tidak menjadi beban kepada diri sendiri.

Memang, sebaiknya hidup ini bijak. Bijak dalam merencanakan serta bertindak. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi!

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus