Pengemudi Baru, Perhatikan Enam Persiapan Sebelum Mobil Jalan

Tips Power Window Panjang Umur, Jangan Parkir Sembarangan
February 29, 2020
Begini Cara Klaim Asuransi Mobil Kena Banjir
February 29, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Mengemudikan mobil tidak hanya sebatas bisa menyetir. Khusus untuk pengemudi baru, sebelum mobil jalan, harus mengecek kondisi kendaraan secara komprehensif. Jangan sampai terlewat, karena bisa jadi hal yang membahayakan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC) di Depok, mengatakan, kalau sebelum mengemudi, pengemudi bisa melakukan pre-trip inspection atau mengecek kondisi kendaraan sebelum dikendarai.

Tahapan pemeriksaan kendaraan diuraikan sebagai berikut:

1. Mulai dari pintu pengemudi

Cek spion, kaca depan bagian kanan, dan kaca jendela pengemudi harus bersih. Setelah itu cek tekanan udara dan kondisi ban kanan depan.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

2. Bergerak ke bagian depan mobil

Cek kemiringan kendaraan untuk cek kualitas suspensi kendaraan. Lalu cek mika lampu depan harus dalam kondisi yang bersih. Cek ke kolong bagian mobil apakah ada kebocoran cairan.

“Kemudian cek kualitas dari karet wiper dan buka kap mesin untuk cek cairan yang ada di kendaraan seperti oli, air wiper, dan radiator. Setelah itu cek kelistrikan seperti kondisi kabel-kabel dan kepala accu/aki,” kata Marcell kepada Kompas.com, Rabu (5/2/2020).

3. Beregerak ke bagian kiri depan

Cek tekanan udara dan kondisi ban kiri depan. Pastikan kaca depan bagian kiri, kaca spion, dan kaca jendela penumpang depan harus bersih.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

4. Bergerak ke bagian kiri belakang

Ketika di bagian kiri belakang, cek tekanan udara dan kondisi ban kiri belakang.

5. Bergerak ke bagian belakang

Cek kebersihan kaca belakang dan mika lampu belakang. Selain itu, cek tekanan udara dan kondisi dari ban cadangan. Lalu cek ketersediaan alat-alat darurat seperti dongkrak, alat pembuka ban, dan segitiga pengaman.

6. Bergerak ke bagian kanan belakang

Cek tekanan udara dan kondisi dari ban kanan belakang.

Setelah melewati enam step tadi dan kondisi kendaraannya aman, mobil bisa dikendarai. Urutan 1-2-3-4-5-6 bisa dilakukan di garasi. Jika kendaraan diparkir di pinggir jalan, bisa lakukan urutan 1-6-5-4-3-2.

“Urutan yang berbeda ketika mobil di pinggir jalan dilakukan agar pengemudi tidak membelakangi arah lalu lintas yang datang,” kata Marcell.

Marcell juga menambahkan untuk wajib membersihkan kaca depan, belakang, jendela pengemudi dan penumpang depan serta mika-mika lampu kendaraan. Hal tersebut dikarenakan bagian tersebut menjadi tempat pengemudi melihat dan dilihat oleh pengemudi lain. ”

Bila visibilitas menurun, maka risiko kecelakaan lalu lintas bisa naik hingga 20 persen,” ujar Marcell.

Rental mobil murah balikpapan, sewa mobil murah balikpapan, sewa mobil , rental mobil matic , rental mobil lepas kunci, rental mobil innova ,rental mobil avanza, rental mobil mewah , sewa wedding car, rental mobil fortuner, rental mobil alphard, rental mobil hiace, rental mobil xpander, rental mobil pajero sport, rental mobil triton, rental mobil xenia, rental bus pariwisata.

sumber: otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus