Pantai Nirmala, Wisata Bahari dan Wisata Sejarah Baru di Balikpapan

Ini 10 Kuliner Enak Khas Kutai Kartanegara, Pengen Coba?
August 30, 2019
7 Lokasi Wisata di Kutai Kartanegara, Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia, Intip Yuk!
September 3, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Pesona Wisata bahari di Kota Balikpapan tidak lagi bisa dihitung jari. Wisata pantai di Kota Balikpapan sudah banyak bermunculan, memberi kepuasan para pelancong.

Satu di antaranya ialah keberadaan Wisata, Pantai Nirmala yang berlokasi di Kelurahan Lamaru, Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Munculnya Pantai Nirmala di Kota Balikpapan masih dikatakan seumur jagung.

Namun Wisata, Pantai Nirmala ini mulai dikelola menjadi tempat berlibur dan berwisata keluarga bagi semua kalangan usia.

Lokasinya Wisata ini memang lumayan jauh dari Bandara Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau Bandara SAMS Sepinggan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Butuh waktu sekitar 30 menit menggunakan jalur darat dari Bandara SAMS Sepinggan ke Pantai Nirmala di Lamaru, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Bila dibandingkan dengan tempat wisata tetangganya seperti Pantai Manggar Segara Sari dan Pantai Lamaru, jelas Pantai Nirmala masih kalah jauh.

Khusus di Kota Balikpapan, keberadaan Pantai Manggar Segara Sari bisa dikatakan sudah lama. Banyak sekali pengunjung datang ke Pantai Manggar Segara Sari.

Fasilitas dan fitur di Pantai Manggar Segara Sari sudah melimpah, banyak sekali seolah jadi tempat Wisata favorit di Kota Balikpapan.

Tak heran saat akhir pekan atau liburan panjang dan liburan hari besar, pastinya Pantai Manggar Segara Sari jadi rekomendasi buat tempat berlibur, banyak wisatawan padati Pantai Manggar Segara Sari.

Supaya tidak bosan berkunjung ke Pantai Manggar Segara Sari atau Pantai Lamaru, ada bagusnya coba pantai yang lain seperti Pantai Nirmala di Lamaru. Pantai Nirmala tak jauh berbeda bisa beri hiburan yang berbeda.

Keberadaan Pantai Nirmala sudah terkonsep tempat Wisata pantai, sedap untuk nongkrong bersantai di Pantai Nirmala.

Dan kini Pantai Nirmala mulai ramai pengunjung dan lengkap fasilitas. Pantai Nirmala asli pantai khas Balikpapan Timur. Pantai Nirmala cocok buat semua, bagi warga Kota Balikpapan maupun luar Kota Balikpapan.

Nah, sebagai gambaran soal Pantai Nirmala di Lamaru, maka Kami dalam hal ini memberikan gambaran seputaran fakta mengenai Pantai Nirmala di Lamaru, Kota Balikpapan.

1). Pantai Nirmala sebelumnya tidak ada.

Awal masyarakat di Lamaru mengenal sebagai Pantai Sosial Lamaru. Lalu ada usulan menjadikan tempat wisata maka namanya harus menjual, mudah diingat dan enak didengar. Kemudian namanya diganti jadi Pantai Lamaru.

2). Pemberian Pantai Nirmala bukan atas dasar nama orang atau merek produk tertentu.

Eksistensi Wisata, Pantai Nirmala ini bukan berstatus milik pribadi tertentu hingga harus namanya Pantai Nirmala. Nama Pantai Nirmala bukan diambil dari nama seorang perempuan tetapi merupakan sebuah akronim

Ketua Kelompok Sadar Wisata, Pantai Nirmala, Mujib Ridwan kepada Tribunkaltim.co belum lama ini ungkapkan asal muasal penamaan Pantai Nirmala.

“Nama Pantai Nirmala itu hanya singkatan saja. Pantai Nirmala kepanjangannya niat rame-rame masyarakat Lamaru. Maka jadilah nama Pantai Nirmala,” kata pria berkulit gelap ini.

3). Pantai Nirmala menjadi tempat Wisata bisa dikatakan masih berumuran jagung.

Keberadaan Pantai Nirmala atas  inisiatif dari warga Lamaru setempat, bukan atas dasar niat besar dari Pemda Kota Balikpapan atau Pemda Kalimantan Timur.

Pemda hanya mendukung beri motovasi. Secara penuh yang munculkan ide Pantai Nirmala adalah warga Lamaru. Pantai Nirmala ini secara seremonial diresmikan dan diperkenalkan pada 30 September 2018 pagi.

4). Pantai Nirmala bukan sekedar pantai Wisata saja.

Di tempat ini juga tersedia lokasi bersejarah. Ada tugu monumen makam Jepang kala kecamuk Perang Dunia II, antara sekutu dan Jepang.

Jadi di Pantai Nirmala bisa juga belajar sejarah. Makam Jepang era Perang Dunia II berada di dalam area Pantai Nirmala.

Sejarahnya, saat Jepang mendarat pertama kali di Kota Balikpapan pada Perang Dunia II merebut Kota Balikpapan bermula di Pantai Nirmala ini.

Termasuk saat Jepang akan mengalami kekalahaan di Perang Dunia II, diserang juga oleh sekutu di Pantai Nirmala ini, hingga banyak yang tewas karena itu dibuatlah monumen makam Jepang.

5). Baru saja di Wisata, Pantai Nirmala disediakan fitur permainan sepeda gantung.

Persisnya Sabtu 2 Maret 2019, Pantai Nirmala mulai membua permainan sepeda gantung couple yang bisa dinikmati para pengunjung Pantai Nirmala.

Jika anda membutuhkan Jasa Rental Mobil di Balikpapan untuk kebutuhan dinas, liburan atau berwisata di Kalimantan Timur, Hubungi kami Rajatransit, Kami menyediakan jasa rental mobil wilayah Balikpapan dengan driver profesional dan kami juga menyediakan paket tour wisata Kalimantan timur. call 081286268289

sumber: tribunkaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
× Ada yang bisa kami bantu ?