Pahami 5 Fungsi Kaca Spion Mobil

Tie Rod Mobil Mulai Rusak, Ini Gejala yang Bisa Dirasakan Pengemudi
August 26, 2020
New Hilux Meluncur 1 Hari Lagi, Yuk Intip Bocoran Halusnya!
August 26, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Kaca spion salah satu perangkat atau fitur penting yang ada di kendaraan bermotor. Meski bentuknya kecil dan terlihat sepele, kaca spion memiliki banyak fungsi dan membantu pengelihatan pengemudi dari berbagai sisi.

Kaca spion pada dasarnya sudah ada dan ditemukan sejak pertama kali kendaraan bermotor diciptakan. Hingga saat ini, kaca spion merupakan hal wajib yang dimiliki oleh sebuah kendaraan bermotor. Berikut beberapa fungsi dari kaca spion seperti dituliskan Auto2000.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Mencegah tabrakan saat pindah jalur

Saat akan melakukan pindah jalur pengemudi wajib melihat spion. Dengan melihat spion, maka hal ini akan meminimalisir terjadinya kecelakaan dan juga tabrakan akibat berpindah jalur.

Membantu manuver saat parkir

Banyak kejadian pengemudi yang mengalami tabrakan atau senggolan ketka parkir tanpa memanfaatkan spion. Karena itu, kaca spion sangat penting fungsinya untuk manuver pada saat memarkir kendaraan.

Melihat kondisi lalu lintas di belakang

Terkadang, mengetahui kondisi lalu lintas di belakang kendaraan kita juga sangatlah penting. Dengan melihat kondisi lalu lintas di belakang, kita bisa tahu apakah posisi kendaraan yang kita kemudikan menghalangi kendaraan lainnya.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Membantu saat memundurkan kendaraan

Jangan pernah memundurkan kendaraan tanpa menggunakan bantuan dari kaca spion. Dengan adanya kaca spion, maka Anda dapat terbantu untuk melakukan maneuver mundur, terutama pada mobil atau kendaraan roda 4 dan lebih.

Sebagai pedoman posisi kendaraan

Terkadang pada kendaraan roda 4, kita sering sulit memastikan apakah kendaraan kita terlalu mepet atau tidak. Agar bisa mengetahui apakah kendaraan kita terlalu mepet atau tidak, maka anda bisa melihat bagian sisi kendaraan anda dengan memanfaatkan kaca spion. Anda bisa melihat apakah kendaraan terlalu mepet atau tidak.

sumber: medcom.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×