Mobil Overheat di Jalan Tol, Apa yang Harus Dilakukan?

Bingung Memilih Kaca Film Mobil? Perhatikan Materialnya
October 20, 2020
3 Keunggulan Mesin Diesel untuk Kendaraan Niaga
October 20, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Overheat bisa menjadi masalah besar jika pengendara tidak memahami langkah yang harus dilakukan. Berikut tips jika mobil mengalami overheat di jalan tol!

Apa yang terjadi jika mobil mengalami overheat di jalan tol? Anda berhadapan dengan masalah besar jika tidak segera mengambil langkah solutif. Mobil bisa tiba-tiba mogok, atau yang terburuk mobil bisa terbakar.

Penyebab overheat

Ada sejumlah penyebab overheat, misalnya kehabisan air radiator, kipas radiator macet, hingga thermostat dan water pump yang tak berfungsi normal. Yang paling umum adalah kehabisan air radiator. Bisa karena ada kebocoran atau pemilik teledor tidak melakukan pengecekan.

Mobil mengalami overheat bisa diketahui dari tanda-tanda yang ada. Diantaranya mesin ngelitik, tenaga berkurang, AC tidak dingin, atau keluar asap dari ruang mesin. Untuk mobil-mobil terkini bisa diketahui dari indikator temperatur pada layar MiD yang menyala, atau melewati garis batas aman.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Langkah Solutif

Mengalami overheat di jalan tol, segera ambil langkah solutif dengan tetap tenang dan jangan panik. Lakukan 5 hal berikut:

Menepi dan hentikan kendaraan

Jangan memaksakan diri terus berkendara karena mobil bakal semakin panas. Selain tidak nyaman, hal tersebut bisa memicu risiko yang lebih berbahaya yaitu terbakar. Segera menepi di bahu jalan, nyalakan lampu hazard, dan matikan mesin. Pasang segitiga pengaman dengan jarak minimal 50 meter sebagai penanda Anda tengah mengalami kondisi darurat.

Buka kap mesin

Cobalah buka kap mesin agar suhu panas yang terperangkap bisa terbuang dan tidak menjalan ke komponen lain. Hati-hati dengan suhu panas pada kap maupun ruang mesin saat kap dibuka.

Jangan langsung buka tutup radiator

Meski overheat lebih banyak disebabkan air radiator yang habis, sebaiknya tidak langsung membuka tutup radiator dalam kondisi mesin mobil masih sangat panas. Hal ini untuk menghindari bahaya uap dan air bertekanan tinggi yang terlepas yang bisa menyebabkan luka serius pada wajah atau tubuh.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Periksa sisa air radiator

Periksa sisa air radiator. Barangkali sumber overheat karena air radiator menipis. Tambahkan jika memang habis atau hampir habis. Paling tidak ini menjadi alasan Anda harus menyiapkan air di dalam kendaraan.

Hubungi Jasa Layanan Jalan Tol

Jika dengan menambahkan air radiator sudah bisa teratasi, Anda bisa meneruskan perjalanan. Tapi sebaiknya periksa kolong kendaraan bagian depan, terlihat ada air mengalir atau tidak. Jika terlihat air menetes atau mengalir kemungkinan radiator mengalami kebocoran. Hubungi jasa layanan jalan tol untuk meminta bantuan, atau hubungi bengkel terdekat untuk meminta layanan derek.

sumber: cintamobil.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus