Mobil Otonom Ternyata Punya 6 Tingkatan, Berikut Penjelasannya

Jangan Asal Beli Oli Mobil, Kenali Dulu 3 Jenisnya!
August 18, 2020
Sempat Mencuri Perhatian, Begini Nasib Mobil-mobil Made in Indonesia
August 21, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Teknologi otomotif kini semakin canggih. Mobil tanpa bahan bakar yang dulu cuma sekadar imipian kini sudah di depan mata. Tak hanya itu, beberapa mobil terbaru kini juga telah dibekali fitur otonom yang membuatnya bisa nyetir sendiri!

Tapi tahukah bahwa mengemudi secara otonom ternyata ada tingkatan, lho. Society of Automotive Engineers (SAE) mengeluarkan ada 6 tingkatan otonomi, dari level 0 hingga 5. Apa saja tingkatan-tingkatan tersebut? Cekidot, ya!

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. Level 0: Tidak ada otomatisasi

Kebanyakan mobil hari ini berada di level otonomi ini. Pengemudilah yang mengerjakan seluruh operasi pengemudian, seperti menyetir, mengerem, mengakselerasi atau menurunkan laju kendaraan.

Pengemudi tetap mendapat bantuan dari sejumlah fitur otomatis, seperti Autonomous Emergency Braking. Namun, karena fitur tersebut tidak benar-benar mengemudikan mobil, jadi tidak masuk dalam hitungan otonomi.

2. Level 1: Bantuan pengemudi

Pada level ini kendaraan bisa membantu pengemudi dengan beberapa fungsi, seperti menyetir dan mengakselerasi yang dilakukan dengan fitur Adaptive Cruise Control.

Fitur tersebut masuk dalam tingkatan ini karena mengizinkan pengemudi untuk memantau aspek mengemudi lain, seperti menyetir dan mengerem.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Level 2: Otomasi mengemudi sebagian

Sebagian besar produsen mobil hari ini tengah berada di tingkat ini. Mobil bisa membantu fungsi mengemudi dan pengaturan akselerasi, bahkan memungkinkan pengemudi untuk melepaskan diri dari sebagian operasi pengemudian.

Sistem Tesla Autopilot dan Cadillac Super Cruise memenuhi syarat untuk berada di level ini.

4. Level 3: Otomasi mengemudi bersyarat

Mobil di level otomasi ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi sekitarnya dan mengambil keputusan yang dianggap sesuai, seperti menyalip kendaraan di depan. Begitu juga dengan pengereman yang bisa diserahkan ke mobil ketika situasi aman.

Namun, pengemudi tetap harus menjaga atensi saat berkendara dengan mobil otonomi level 3. Mobil-mobil otonomi di level 3 saat ini umumnya tidak memerlukan perhatian manusia ketika melaju dengan kecepatan di bawah 59 kpj.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

5. Level 4: Otomasi mengemudi tinggi

Di level ini, kendaraan mampu mengemudikan, mengerem, mempercepat, memantau kondisi sekitar dan mengambil tindakan, menentukan kapan pindah jalur, berbelok, hingga menggunakan lampu sein.

Pengemudi bisa mengaktifkan mode otomasi ketika mobil memberi tahu bahwa kondisi sudah aman.

Jadi di tahap ini, mobil sudah tidak membutuhkan intervensi manusia dalam skala masif. Namun, pengemudi masih memiliki opsi untuk menonaktifkan mode otomasi ini.

6. Level 5: Otomasi penuh

Ini adalah puncak dari sistem otomasi mobil. Di titik ini, kebutuhan akan kendali manusia dihilangkan.

Mobil-mobil otonomi di tingkat ini bahkan sudah tidak dibekali setir atau pedal akselerasi dan rem.

Karena di tingkat ini, mobil memiliki kemampuan seperti pengemudi manusia untuk menjalankan fungsi krusial dalam menyetir termasuk pengambilan keputusan. Tapi, kalau sudah sampai level ini, kata mengemudi sudah gak tepat lagi, ya!

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×