Mengapa Letak Tutup Tangki Mobil Tidak Sama? Ini Penjelasannya

Delta 4×4 Sukses Modif Ford Ranger Tampil Lebih Ganteng dan Maskulin
March 30, 2020
Mengenal Fitur Mobil yang Bermanfaat saat Hujan
March 31, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Seperti yang kita tahu bahwa tutup tangki mobil ada yang di sisi kanan dan ada yang di sisi kiri.

Mengapa tidak semua tutup tangki di sisi yang sama?

Bukan tanpa alasan seorang insinyur mobil meletakkan posisi tutup tangki di sebelah kanan-kiri.

Menurut juru bicara Ford Mark Schirmer yang dilansir GridOto.com dari Allstate.com mengatakan di Amerika Serikat tidak ada peraturan yang menentukan dimana tutup tangki harus ditempatkan.

Sehingga para insinyur perusahaan mobil dapat menempatkan tutup tangki bensin di sisi mana pun.

Namun demikian para insinyur tidak sembarangan dalam menentukan posisi pintu bahan bakarnya.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Ford menambahkan jika mekanisme seperti speaker besar ditempatkan di sisi kiri maka para insinyur akan meletakkan tutup tangki di sisi kanan.

Selain itu, orang Amerika lebih suka menempatkan tutup tangki di sisi kiri karena akan memudahkan pengemudi untuk menempatkan fender kiri mobil dekat dengan pompa bahan bakar.

Namun berbeda dengan mereka yang berada di Jepang, India, Inggris, Australia, Hongkong, Selandia Baru, dan negara-negara di Afrika Selatan.

Mereka mengemudi atau menggunakan setir di sebelah kanan sehingga mereka lebih suka memasang pintu bahan bakar di sisi kanan juga mengingat kecenderungan produsen mobilnya.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Misalnya Nissan yang memperoduksi mobil dengan tipe tutup tangki ada di sisi kanan dan di sisi kiri.

Menurutnya penempatan pintu bahan bakar tersebut terutama berdasarkan faktor desain tangki bahan bakar, lokasi dan kemasan bagian bawah bodi mobil.

Karena posisi tutup tangki yang berbeda-beda ini terkadang membuat pengemudi bingung ya.

Tapi tenang, produsen mobil sudah memberikan solusinya, yaitu kamu dapat melihat pada indikator volume bahan bakar ada gambar dispenser SPBU yang di salah satu sisinya terdapat tanda panah berbentuk segitiga.

Jika arah panahnya ke kanan, maka lubang pengisian BBM ada di sebelah kanan dan jika arah panahnya ke kiri, maka lubang pengisian BBM ada di sebelah kiri.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan posisi pintu bahan bakar mobil.

Rental mobil murah balikpapan, sewa mobil murah balikpapan, sewa mobil , rental mobil matic , rental mobil lepas kunci, rental mobil innova ,rental mobil avanza, rental mobil mewah , sewa wedding car, rental mobil fortuner, rental mobil alphard, rental mobil hiace, rental mobil xpander, rental mobil pajero sport, rental mobil triton, rental mobil xenia, rental bus pariwisata.

sumber: gridoto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus