Lakukan Hal-Hal Ini untuk Mengantisipasi Penularan Virus di Kabin Mobil

4 Risiko Besar Mobil Lama Nganggur di Rumah
July 18, 2020
5 Trik Bikin Ban Mobil Lebih Awet dan Kinclong
July 21, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Belum lama ini WHO menyebut ada kemungkinan penyebaran Corona Covid-19 lewat udara. Tentu saja ini mengubah pandangan lembaga kesehatan dunia tersebut karena sebelumnya mereka konsisten mengatakan bahwa penularan virus SARS-CoV-2 adalah lewat droplet (air liur).

Nah, untuk mengantisipasi penularan virus lewat udara khususnya ketika Anda berada di kabin mobil, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Salah satu bagian yang mesti diperhatikan adalah sirkulasi udara dan AC mobil.

Seperti diketahui, AC mobil menganut sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di dalam kabin untuk didinginkan dan diembuskan kembali via kisi AC di dasbor atau blower di atap.

Oleh karena itu, kebersihan kabin dan AC mobil wajib dijaga guna mencegah penularan virus. Berikut tips mengantisipasi risiko penularan virus di kabin mobil dari Auto2000:

cek harga rental mobil balikpapan di sini

1. Pakai Masker di Dalam Mobil

Sebaiknya tetap memakai masker di dalam mobil, terutama jika penumpang lain tidak tinggal di rumah yang sama.

2. Bersihkan Kokpit Mobil

Setiap pagi, selalu bersihkan area kokpit mobil, seperti dasbor, konsol tengah, dan panel pintu menggunakan pembersih interior yang ramah lingkungan.

Bersihkan pula lantai dan karpet di bagian penumpang depan karena udara dari wilayah tersebut yang dimanfaatkan oleh sistem AC mobil.

3. Buka Jendela Secara Berkala

Biasakan membuka jendela selama 2-3 menit setiap 1 jam sekali untuk membuat udara di dalam kabin bersirkulasi dengan udara luar.

Atau bisa pula memanfaatkan tombol sirkulasi di panel AC untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin mobil.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

4. Jaga Kebersihan Filter Kabin AC

Banyak pemilik mobil yang tidak tahu keberadaan filter kabin AC. Padahal, filter ini mempunyai tugas penting untuk membersihkan udara dari kabin yang akan didinginkan kembali.

Jika filter ini tidak bekerja optimal, maka kotoran yang terbawa ke dalam sistem AC akan ikut diembuskan kembali ke dalam kabin.

5. Pastikan Evaporator Bersih

Evaporator bertugas mendinginkan udara yang diambil dari dalam kabin untuk diembuskan lagi lewat kisi AC.

Pipa evaporator rawan bakteri, jamur dan virus karena lembab dan kotor, terutama bila AutoFamily alpa mengganti filter kabin AC.

6. Manfaatkan Program Sehat Toyotaku

Program Sehat Toyotaku, Ready For New Normal berisi paket servis berkala yang dibuat secara parsial sesuai kebutuhan di masa New Normal. Program ini memiliki 5 paket, dimana 2 paket di antaranya bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kabin dan menjaga kinerja AC mobil.

sumber: liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus