Kenapa Nyetir Mobil Matik Tak Boleh Pakai 2 Kaki?

info rental sewa mobil balikpapan murah aman terawat terpercaya
Hari Gini Pusing Mau Cari Sewa Mobil? Klik Rajatransit.com Aja.
September 27, 2022
Cara Hindari Jebakan Aquaplaning (Genangan Air) Saat Berkendara di Musim Hujan
Cara Hindari Jebakan Aquaplaning (Genangan Air) Saat Berkendara di Musim Hujan
October 6, 2022
Salam🙏 RAJATRANSIT Rental Mobil Balikpapan🚘🚘🚘 Phone : 0812 8626 8289 / 0812 5661 0219 / 0813 5076 8499 Email : rajawali.transindotama@gmail.com Website : rajatransit.com Office : Jl. BDS II Blok AA No. 9 RT. 36 Gn. Bahagia. Balikpapan Selatan. #rental #sewa #innova #venturer #balikpapan #otomotif #mobil #infomobil

Beda dengan manual, mobil transmisi matik hanya memiliki dua pedal, yakni rem dan gas tanpa kopling. Dalam pengoperasiannya, hanya boleh satu kaki yang berkerja, yakni sebelah kanan. Sementara satunya lagi, diletakan pada foot rest yang berada dekat pedal rem. Hal ini penting diperhatikan, terutama bagi pengemudi mobil matik pemula, atau yang baru beralih dari sebelumnya mengemudikan transmisi manual. Pengoperasian pedal gas dan rem yang hanya boleh menggunakan kaki kanan, berkaitan erat dengan unsur keselamatan dalam berkendara.  Baca juga: Ini Bahayanya Netralkan Transmisi Mobil Matik saat Turunan Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, menginjak rem dengan kaki kiri pada mobil transmisi matik bisa jadi petaka.  “Bahaya, risikonya adalah hard brake akibat tekanan pedal rem mendadak. Mobil belakang tidak sigap dan akhirnya tabrakan beruntun tidak terhindarkan,” ucap Sony kepada Kompas.com.

Kemudian, saat ditanya tentang kebiasaan pengemudi zaman sekarang yang sering menggunakan teknik dua kaki untuk mengemudi mobil matik di jalan macet, Sony menyebut, hal itu sia-sia dan tidak bermanfaat, yang ada malah merugikan.  Walau sudah terbiasa dan adaptasinya bagus, kerugian yang dialami pemilik mobil berkaitan dengan usia pakai komponen seperti rem dan transmisi matik.  “Sekali lagi saya tekankan, itu bahaya. Adaptasinya bagus sih oke, tapi apakah faktor risiko kerusakan komponen sudah terpikir? Rem pasti otomatis terbebani, termasuk transmisi kerjanya bisa dibilang mirip stop di lampu merah tetap di posisi gigi D,” kata Sony.  Sementara itu, Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana mengatakan, kebiasaan menginjak rem mobil matik dengan kaki kiri berisiko buruk terhadap komponen utama transmisi seperti kopling.

“Usia kopling bisa jadi lebih singkat, sebab putaran transmisi dalam girboks tertahan. Tenaga mesin tidak tersalurkan sementara komponen mekanis seperti kopling dan planetary gear sudah bekerja,” kata dia.

Sumber : otomotif.kompas.com

Salam🙏
RAJATRANSIT
Rental Mobil Balikpapan🚘🚘🚘

Phone : 0812 8626 8289 / 0812 5661 0219 / 0813 5076 8499
Email : rajawali.transindotama@gmail.com
Website : rajatransit.com
Office : Jl. BDS II Blok AA No. 9 RT. 36 Gn. Bahagia. Balikpapan Selatan.

#rental #sewa #innova #venturer #balikpapan #otomotif #mobil #infomobil #info #beritamobil #viral

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus