Jangan Panik, Ini Jarak yang Bisa Ditempuh Ketika Indikator Bensin E

5 Faktor Penyebab Ngantuk saat Berkendara
August 11, 2020
Ini 5 Mitos Seputar Bensin dan Pengisian Bahan Bakar di SPBU
August 13, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Tidak sedikit pemilik kendaraan pribadi yang jarang memperhatikan indikator bensin.

Banyak yang tidak sadar karena terlalu asyik berkendara, ternyata jarum bahan bakar sudah menyentuh indikator E alias empty (kosong).

Ketika hal ini terjadi biasanya pengemudi akan langsung panik, terutama bagi pengemudi wanita.

Padahal kondisi ini hanya menginformasikan bahwa sudah saatnya pengemudi mengisi tanki bahan bakar kembali.

Pasalnya, setiap kendaraan biasanya memiliki reservoir (RES) yang merupakan bahan bakar minyak (BBM) cadangan yang ada di dalam tanki kendaraan.

Sehingga dengan cadangan bahan bakar tersebut, memungkinkan mobil atau motor bisa melaju ketika indikator bensin sudah diposisi E.

“Rata-rata mobil memiliki kapasitas tangki 40 sampai 45 liter. Jika pada kondisi sudah di E, mobil masih bisa bergerak kurang lebih 30 kilometer sampai 60 kilometer, karena ada cadangan sekitar 3 liter sampai 6 liter,” ujar Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (12/03/2020)

Bambang melanjutkan, hal tersebut dengan catatan kondisi jalan lancar dan tidak macet. Selain itu beban kendaraan yang terlalu berat juga akan mempengaruhi jarak tempuh.

Ia menyarankan sebaiknya kondisi ini dihindari. Karena jika pengendara terlalu sering menjalankan mobilnya dengan keadaan indikator BBM di E, maka akan besar potensi kerusakan pada kendaraan.

“Ketika kondisi tangki bensin pada posisi E, maka dapat terjadi kondensasi pada tangki bensin yang dapat menyebabkan bensin bercampur dengan air kondensasi, hal ini lah yang bisa menyebabkan mobil mogok,” kata Bambang.

Tidak hanya itu saja, sering membiarkan tanki bensin kosong akan menyebabkan karat pada tangki dan akan mengganggu kinerja pompa bensin

Jadi, sebaiknya pengisian bensin dilakukan saat indikator belum berada di posisi E, demi keamanan dan ketenangan saat berkendara

sumber: otomotif.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus