Ini Tips Ampuh Merawat Cat Mobil Berwarna Matte

Perbandingan Lengkap Kelebihan Dan Kekurangan Mobil Diesel Vs Bensin
January 8, 2020
5 Tips Penting Saat Mengemudi Mobil Melalui Banjir
January 9, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Elegan dan menawan adalah tampilan yang ditunjukkan oleh tunggangan beroda empat berwarna matte atau doff. Warna buram ini sudah tidak asing lagi dan sudah banyak yang pakai karena selain wrapping, penggunaan warna doff sering digunakan untuk tampilan half cut.

Pilihan warnanya yang beragam seperti merah, biru muda, kuning, abu-abu dan warna paling favorit yakni hitam membuat doff tak pernah sepi penggemar.
Akan tetapi untuk membersihkannya perlu penanganan berbeda dari biasanya.

Berbeda dengan cat metalik atau glossy, warna doff rentan akan goresan. Charlie Suryaputra, car enthusiast asal Samarinda pun berbagi tips merawat mobil berwarna matte ini.

1. Bersihkan debu dengan lembut agar tidak merusak cat

Charlie mengatakan, saat membersihkan mobil perhatikan dengan baik, debu menempel di kendaraan. Sebab bila tak awas, cat mobil bisa rusak apalagi warna matte.

Itu sebabnya saat membersihkan kendaraan tidak boleh terlalu kasar, nanti debu atau kotoran seperti pasir menggores permukaan doff. “Akibatnya jadi belang,” katanya.

Kata dia, pembersihan bisa diawali dengan foaming yakni menyelimuti kendaraan dengan produk khusus yang berbusa melimpah. Dengan cara itu kamu bisa lebih mudah melepas kotoran yang sulit terangkat.

2. Lebih waspada dengan cairan wax

Dia menerangkan, membersihkan bodi mobil berwarna doff hampir sama dengan yang lain. Hanya saja tidak perlu polishing dan jangan sampai terkena cairan wax.

Lalu bagaimana jika warna warna glossy dan doff disatukan? Rupanya saat keduanya bersama dan tergores yang timbul adalah goresan berwarna glossy tadi.

“Nah, kalau bahannya dari plastik, goresan putih dari polishing kan muncul. Jadinya belang,” tambahnya.

Charlie mengungkapkan bahwa dirinya pernah menangani customer yang mobil warna doff-nya terkena bercak putih karena cairan wax.

”Menghilangkannya perlu berhati-hati juga. Ada cairan khusus dan menggunakan sikat yang lembut,” terangnya. Sebab itu, Charlie sangat menyarankan untuk teliti saat memberi wax untuk area selain berwarna doff.

3. Merawat cat tipe doff perlu ekstra hati-hati

Jika sudah terlanjur belang dan banyak goresan, Charlie menyarankan untuk mencatat ulang, ganti stiker atau bisa juga mengganti bodi.

“Intinya, merawat mobil berwarna doff ekstra hati-hati dan siap rogoh kocek jika sudah banyak goresan. Kalau mau menghindari risiko, baiknya bersihkan di car wash saja,” pungkasnya.

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus