Ini 10 Kuliner Enak Khas Kutai Kartanegara, Pengen Coba?

Wisata Sejarah Rumah Dahor Peninggalan Belanda di Balikpapan
August 26, 2019
Pantai Nirmala, Wisata Bahari dan Wisata Sejarah Baru di Balikpapan
September 3, 2019

Rajtransit, Rental Mobil Balikpapan – Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara bakal menggantikan Jakarta sebagai ibu kota Indonesia. Kabupaten Kutai Kartanegara punya aneka makanan khas yang menggoda untuk diincip.

Kuliner di Kutai Kartanegara biasanya merupakan hasil perpaduan antara suku asli, yakni Kutai dan Dayak dengan suku pendatang, seperti Banjar dan Bugis. Nah, berikut deretan kuliner yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke Kutai Kartanegara.

1. Buras berendam

Buras berendam merupakan nasi dicampur santan yang dimasak dengan daun pisang. Kuliner ini biasa disajikan dengan kuah santan, daging ikan gabus, dan sambal udang papai. Buras berendam punya rasa gurih dari santan dan bumbu rahasianya.

2. Nasi bekepor

Selanjutnya ada nasi bekepor, yang konon sudah ada sejak zaman kerajaan Kutai. Dulunya kuliner ini hanya disajikan untuk anggota keluarga kerajaan. Nasi bekepor biasanya berupa nasi yang disajikan dengan daging masak bumi hangus, sayur asam kukar, dan sambal raja.

3. Sayur asam kutai

Mirip sayur asam pada umumnya, bedanya sayur asam Kutai biasanya menggunakan kepala ikan gabus sebagai bahan utama. Kepala ikan gabus diolah dengan potongan talas, kangkung, dan jantung pisang batu. Sayur asam punya cita rasa yang gurih bercampur rasa asam yang berasal dari tambahan asam sunti.

4. Gence ruan

Gence ruan merupakan kuliner yang terbuat dari ikan gabus atau dikenal dengan nama ikan haruan. Cara mengolahnya, ikan ditaburi garam dan dibakar dengan bara api, kemudian disajikan dengan tumisan bumbu bawang.

5. Sambal raja

Sambal raja merupakan sajian yang biasanya disajikan bersama nasi bekepor. Sambal raja menjadi istimewa karena biasanya disajikan dengan berbagai aksesoris pendamping, yakni telur rebus yang dicincang, berbagai sayuran, dan bawang merah yang digoreng.

6. Pulut nasi

Pulut nasi merupakan kuliner khas yang biasanya disajikan untuk sarapan pagi. Pulut nasi terbuat dari beras dan santan yang dibumbui dengan sedikit garam.

Campuran beras dibungkus dengan menggunakan daun pisang, lalu dikukus selama dua jam. Pulut nasi punya rasa yang beragam, mulai dari manis, pedas, hingga gurih.

7. Sate payau

Sate payau merupakan sate khas Kutai yang berbahan dasar daging rusa. Hampir sama seperti sate pada umumnya, daging rusa disajikan dengan menggunakan saus kecap dan cabai merah kering.

8. Ayam cincane

Ayam cincane merupakan kuliner khas yang banyak dijumpai di wilayah Kalimantan Timur, seperti Samarinda atau Kutai. Sekilas ayam cincane mirip ayam bakar pada umumnya. Namun, kuliner ini punya cita rasa yang khas, berasal dari rempah-rempah pilihan.

Ayam cincane awalnya hanya disuguhkan pada berbagai acara khusus, seperti pernikahan, kelahiran, dan upacara adat. Namun, belakangan mulai disediakan di restoran atau warung kaki lima.

9. Bingka

Lagi gak pengin makan berat? Tenang, Kutai juga punya banyak jajanan enak. Salah satunya bingka.

Kue bingka biasanya terbuat dari kentang yang dihaluskan, lalu dicampur dengan telur, tepung terigu, dan santan. Kue ini punya tekstur yang legit dengan rasa yang manis.

10. Roti pisang

Selain bingka, ada juga roti pisang yang gak kalah enak. Jajanan ini sekilas punya bentuk yang mirip seperti bingka.

Bedanya, roti pisang terbuat dari irisan pisang sebagai bahan utamanya. Roti pisang biasanya dibuat menggunakan cetakan seperti membuat martabak atau kue terang bulan. Sama seperti bingka, kue ini punya rasa manis yang khas.

Jika anda membutuhkan Jasa Rental Mobil di Balikpapan untuk kebutuhan dinas, liburan atau berwisata di Kalimantan Timur, Hubungi kami Rajatransit, Kami menyediakan jasa rental mobil wilayah Balikpapan dengan driver profesional dan kami juga menyediakan paket tour wisata Kalimantan timur. call 081286268289

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
× Ada yang bisa kami bantu ?