Ingin Test Drive Mobil Bekas, Perhatikan 5 Langkah yang Tidak Boleh Terlewat

5 Cara Menyalakan Lampu Mobil Depan agar Berkendara Aman di Jalan
September 7, 2020
6 Cara Tune Up Mobil Sendiri di Rumah
September 9, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Saat membeli sebuah mobil, baik mobil bekas maupun baru, memang kita dianjurkan untuk melakukan uji mengendarai (test drive). Dikatakan “dianjurkan” karena memang tidak semua transaksi jual-beli mobil, kita akan berkesempatan dilakukan test drive. Bisa saja karena faktor kepercayaan atau lokasi yang tidak memungkinkan atau pihak penjual yang tidak memberikan kesempatan.

Namun persoalannya tidak hanya pada si penjual. Terkadang ada juga pembeli mobil bekas yang enggan melakukan tes drive karena berbagai alasan. Mulai dari karena mereka sudah jatuh cinta dengan model mobilnya dan hanya melihat sekilas Padahal tindakan tersebut bisa sangat merugikan pembeli.

Membeli mobil dengan harga puluhan hingga ratusan juta bukanlah hal sepele. Jadi uji berkendara (test drive) adalah salah satu hal penting yang wajib kamu lakukan saat membeli mobil bekas, apalagi membeli secara online. Nah, apa saja sih hal yang harus diperhatikan saat melakukan uji berkendara, yuk simak di bawah ini.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Periksa Performa Mesin Mobil Bekas

Performa mesin mobil bekas yang terjaga kondisinya adalah faktor penting dalam pemilihan mobil bekas. Dengan kondisi yang terjaga, tentu performa mesin mobil bekas tersebut pasti dalam kondisi yang baik juga. Jadi ketika Sahabat melakukan uji berkendara (test drive) coba dengarkan dan lihat kondisi mesin apakah muncul suara yang mencurigakan atau kondisi komponen yang tidak tampak baik.

Periksa Fitur yang Ada di Dalam Mobil

Setiap jenis mobil memiliki fitur yang berbeda-beda. Karena itulah cari tahu jenis-jenis fitur yang tersedia, lalu periksa apakah semua masih berfungsi dengan baik. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah kerusakan pada satu fitur yang bisa merambat ke fitur lainnya. Sahabat bisa mulai dari mengecek sistem audio, tombol dan panel-panel di dashboard.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Periksa Bagian Interior Mobil

Bagian eksterior pada umumnya bisa diperbaiki dan dilakukan beberapa perawatan agar tampil optimal. Namun tidak demikian dengan bagian interior. Bagian ini bisa dianggap mewakili perawatan kebersihan yang dilakukan pemilik sebelumnya. Jika Sahabat mendapatkan mobil dengan kondisi interior yang bagus dan orisinal, maka bisa dipastikan perawatan-nya juga baik.

Rasakan Kenyamanan Mobil

Walaupun mobil bekas, tapi tidak ada salahnya Sahabat mencoba kenyamanan-nya. Coba bertanya pada diri sendiri, apakah memang mobil ini yang selama ini kamu cari. Sebab, kecocokan hati ini penting agar nantinya tidak menyesal.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Cek Konsumsi BBM

Sebelum Sahabat memutuskan untuk membeli sebuah mobil bekas, masalah konsumsi bahan bakar menjadi pertimbangan penting. Karena bahan bakar menentukan biaya yang dikeluarkan selama memakai mobil tersebut. Ketika melakukan test drive Sahabat bisa melihat jumlah konsumsi bahan bakar pada panel instrumen di dashboard. Dengan begitu kalian bisa menghitung jumlah biaya yang akan dikeluarkan nantinya untuk mengisi BBM mobil bekas yang kamu inginkan.

Uji berkendara (test drive) memang hanya salah satu faktor dalam menentukan apakah mobil tersebut layak dibeli atau tidak. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah menentukan dimana Sahabat akan membeli mobil bekas tersebut. Kalian harus melakukan pengecekan secara mendetail di setiap bagian situs jual beli mobil bekas untuk mengetahui mana bisa memberikan keuntungan lebih untukmu.

sumber: garasi.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus