DISCOVER BALIKPAPAN | Taman 3 Generasi

OUR GALERY
October 9, 2021
rental sewa mobil bus murah samarinda balikpapan
Balikpapan Masa Lalu
October 16, 2021
rental sewa mobil bus murah samarinda balikpapan

Salah satu taman yang sedang naik daun dan jadi perhatian banyak pihak adalah Taman Tiga Generasi. Dibangun perlahan sejak 2012 lalu, taman ini bak gula yang mengundang
semut-semut, semakin manis dan kian menunjukkan kemolekannya. Perlahan namun pasti, warga berduyun-duyun menikmatinya. Makin lengkap kecantikan taman ini dengan puluhan lampu lampion disebar oleh Dinas Pariwisata. Pemkot melaunching lampu-lampu lampion berwarna warni untuk membuat taman ini semakin gemerlap di malam hari.

Taman Tiga Generasi terletak di Jl Ruhui Rahayu, seberang Dome Balikpapan, atau tepatnya di depan SMA 5 Balikpapan. Namanya merepresentasikan fungsinya. Di lahan seluas 1,5 hektare itu, ada fasilitas untuk anak, dewasa dan orang tua yang terbagi dalam tiga zona. Kaum lanjut usia, akan dipuaskan dengan fasilitas di Zona A. Di sini ada sarana terapi batu refleksi. Batu kecil berbentuk bulat lonjong yang ditata berderet rapi. Lazim ditemukan pemandangan di mana kaum uzur berjalan memutari kawasan ini bertelanjang kaki, dan sebagian tampak berjalan dituntun anaknya pada sore hari. Terapi refleksi ketika bebatuan menekan-nekan telapak kaki memicu relaksasi. Pakar pengobatan tradisional Prof Hembing Wijayakusuma menyebut, tekanan batu pada telapak kaki memberikan rangsangan bioelektrik pada organ tubuh yang berhubungan dengan titik syaraf telapak kaki, dan memperlancar aliran darah sehingga tubuh menjadi segar.

Efeknya, sirkulasi penyaluran nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh menjadi lancar, dan tubuh mampu mengalami kondisi keseimbangan ideal. Setiap organ tubuh memiliki keterhubungan dengan titik-titik syaraf yang terdapat pada telapak kaki. Organ jantung, paru-paru, lambung, dan hati — total ada 36 titik syaraf telapak kaki yang masing-masing menghubungkan anggota-anggota tubuh tertentu.

Ini seperti “tempat berobat gratis”. Anjuran pakar kesehatan agar melakukan terapi semacam ini di ruang yang bersih, nyaman, tenang, dan memiliki sirkulasi udara yang baik, terpenuhi di Taman Tiga Generasi. Namun, perlu juga dicatat saran dari Prof Hembing tentang terapi ini, yakni, sebaiknya jangan melakukan terapi di saat telapak kaki sedang terluka. Anjuran lainnya, berjalan bertahap cukup sekitar 30 menit. Ada perbedaan antara terapi untuk pencegahan penyakit, dan terapi mengatasi gangguan penyakit, di mana terapi pengobatan dianjurkan untuk lebih sering ketimbang pencegahan.

Zona A sekaligus menjadi zona utama. Letak kolam air mancur yang menjadi magnet keindahan taman ada di sini. Sore hari, sejumlah warga berolahraga dan jogging memutari taman. Sebagian duduk bercengkrama di sekitar kolam.Pada malam hari, kawasan ini menjadi magnet bagi semua usia, didominasi keluarga yang mengajak serta anak-anak dan balitanya. Permainan khas seperti becak, sepeda mini dan skuter yang dilengkapi kerlip lampu, pesawat gabus dan baling-baling putar, serta memancing ikan plastik menjadi daya tarik tersendiri. Sepanjang ketertibannya terjaga, orang tua dan anak tampak terhibur dengan keberadaan penjaja mainan itu.

Zona yang menjadi tempat anak-anak kelak akan dipusatkan di di zona B. Kini, pembangunan sedang dituntaskan dan akan dilengkapi taman bermain. Mushala dan toilet akan ditempatkan di zona ini, mengingat letaknya berada di tengah: zona B akan menjadi penghubung zona A dan C di taman ini. Sementara Zona C, diperuntukkan bagi zona dewasa / umum dan akan dilengkapi dengan taman bacaan. Zona ini merepresentasikan zona pendidikan. Aktifitas belajar bisa dilakukan di zona ini, dan untuk itu dilengkapi koneksi wifi.

Keberadaan zona anak adalah upaya untuk menjaga kota ini sebagai daerah dengan predikat Kota Layak Anak. Keberadaan fasilitas bermain di taman terbuka bagian dari pemenuhan hak-hak anak, yakni, berhak memperoleh sarana bermain yang memenuhi syarat kesehatan dan keselamatan. Melalui taman ini, pemerintah memberi sinyal, ketika banyak kota di Indonesia masih minim ketersediaan ruang publik yang memiliki taman bermain, di Balikpapan kebutuhan anak-anak terus ditingkatkan sesuai amanat undang-undang Perlindungan Anak Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus