Cara Toyota Indonesia Selamatkan Produksi Mobil Efek Corona

Bagaimana Membersihkan Mobil Supaya Terhindar dari Virus Corona?
March 14, 2020
Biar Transmisi Matik Gak Jebol, Perhatikan 5 Hal ini Saat Berkendara
March 16, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Toyota mencari alternatif negara penyuplai komponen untuk kepentingan produksi mobil di Indonesia. Hal tersebut berkaitan dengan terhentinya pasokan komponen dari China akibat wabah virus corona (Covid-19).

Selain mencari alternatif negara, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, mengatakan, pihaknya bakal mengoptimalkan vendor lokal agar dapat melokalisasi komponen yang biasanya diperoleh dari China.

“Kami cari negara alternatif atau kemungkinan untuk lokalisasi,” kata Bob melalui pesan singkat, Kamis (12/3).

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Industri otomotif China diketahui sempat ‘mati’ karena meluasnya wabah Covid-19. Wabah tersebut pertama terdeteksi di Kota Wuhan, China kemudian menjalar ke banyak negara, termasuk Indonesia. Sudah lebih dari 4.000 orang meninggal setelah terjangkit Covid-19.

Pabrik-pabrik di China terpaksa berhenti menyesuaikan perintah otoritas setempat menekan penularan Covid-19. Keputusan tersebut memberi dampak negatif terhadap industri otomotif global yang biasa mendapat pasokan komponen dari China.

Mencari alternatif disebut Bob menjadi langkah antisipasi Toyota agar pabrik di Indonesia tetap ‘ngebul’. Sejauh ini sudah ada beberapa negara yang dibidik sebagai penyuplai menggantikan China, namun Bob tidak memaparkan apakah langkah tersebut bersifat sementara atau tidak.

“Ya seperti Jepang, Thailand, atau negara ASEAN lain. Yang penting juga tentunya di Indonesia sendiri, jadi kami harus kompetitif,” ujar Bob.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Bob menyampaikan dengan stok komponen yang tersisa kini, produksi masih dikategorikan aman hanya sampai Maret 2020. Sedangkan untuk bulan-bulan selanjutnya masih dalam pemantauan.

“Masih kami pantau sampai dengan akhir Maret produksi aman sesuai dengan yang direncanakan. Tapi April ke depan kami masih monitor. Yang komponen China biasanya tier 1 atau tier 2,” ujar Bob.

Rental mobil murah balikpapan, sewa mobil murah balikpapan, sewa mobil , rental mobil matic , rental mobil lepas kunci, rental mobil innova ,rental mobil avanza, rental mobil mewah , sewa wedding car, rental mobil fortuner, rental mobil alphard, rental mobil hiace, rental mobil xpander, rental mobil pajero sport, rental mobil triton, rental mobil xenia, rental bus pariwisata.

sumber: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×