Cara Aman Mengendarai Mobil Bertrasnmisi Otomatis

rental sewa mobil bus murah samarinda balikpapan
TIPS Bawa Sepeda di Mobil Agar Aman dan Tak Langgar Aturan
October 5, 2021
OUR GALERY
October 9, 2021
rental sewa mobil bus murah samarinda balikpapan

Mengendarai mobil matic lebih mudah daripada manual. Namun yang harus diperhatikan adalah menghindari kebiasaan menggunakan kaki kiri untuk menginjak pedal rem. Mengendarai mobil bertransmisi otomatis lebih mudah dikendarai dan tidak terlalu melelahkan ketimbang manual. Meski lebih gampang, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah menghindari kebiasaan mengemudi menggunakan kaki kiri untuk menginjak pedal rem. Kebiasaan tersebut adalah salah besar karena dapat membahayakan pengemudi maupun peumpang lainnya ketika melakukan perjalanan.

Menurut Samsudin, Aftersales Support – Astra Peugeot mengerem dengan menggunakan kaki kiri dapat menimbulkan missed feeling dan menimbulkan risiko bahaya. Selain itu, pengemudi juga dapat secara tidak sengaja menginjak pedal rem dan gas di saat yang bersamaan. Hal ini dapat mempersingkat usia komponen seperti clutch pada transmisi otomatis. Pasalnya pada posisi itu kopeling dalam kondisi bekerja atau berputar, tetapi daya geraknya ditahan oleh tekanan rem.

Pengemudi yang sering berkendara dengan mobil manual, kaki kiri mereka sudah terbiasa menginjak tuas pedal kopling sangat dalam. Namun bila dilakukan hal serupa terhadap pedal rem saat menggunakan mobil bertransmisi otomatis, dikhawatirkan mobil akan berhenti secara mendadak. Jelas hal ini dapat membahayakan diri sendiri juga orang lain.

Dijelaskan lebh jauh, kadar feeling antara kaki kanan dan kiri saat melakukan pengereman dengan mobil matic sangat berbeda. Terlebih saat mengoperasikan mobil manual, kaki kanan lebih aktif buat tekan pedal rem. Karena itu sebaiknya untuk selalu menggunakan kaki kanan untuk mengoperasikan pedal gas dan pedal rem secara bergantian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus