Bersihkan Kendaraan Selepas Tersiram Air Hujan

Mengenal Cara Kerja dan Kelemahan Air Suspension
October 31, 2019
9 Tempat Makan Di Samarinda Yang Paling Enak
November 14, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Sebagian wilayah di Indonesia kini tengah memasuki musim penghujan. Hujan yang deras memang dapat membuat lingkungan sekitar maupun suasana hati menjadi sejuk. Apalagi bila sedang mengendarai mobil, perjalanan terasa menjadi lebih tenang namun tetap berhati-hati.

Meski begitu, banyak orang yang malas membersihkan sisa rintikan hujan di kendaraan mereka. Sebagian besar pemilik kendaraan berasumsi bahwa air hujan mampu membersihkan mobil dari debu kotoran yang menempel. Hal ini tidak benar adanya, bahkan sisa rintik hujan bisa mengakibatkan masalah lain.

Menurut Auto Detail Doctor, hujan mengumpulkan sejumlah jenis polutan dan kontaminan dari udara saat turun yang mengandung zat asam. Zat inilah yang nantinya menyebabkan berbagai masalah pada kendaraan seperti bercak jamur atau timbulnya jamur di bodi dan kaca mobil.

Berikut terdapat cara yang bisa dilakukan guna mencegah masalah pada kendaraan akibat air hujan, dikutip dari CNNIndonesia.com.

Cuci menggunakan air bersih

Tak perlu membawa kendaraan Anda ke tempat cuci karena hanya akan membuang waktu. Cukup bersihkan dengan air mengalir yang bersih untuk menghilangkan segala sisa air hujan air yang merekat di seluruh bodi kendaraan.

Jika sudah selesai membuang kotoran, bilas lagi kendaraan dan jangan lupa untuk mengelapnya menggunakan kain lembut bersih yang dapat menyerap air.

Gunakan sabun yang tepat

Dalam menggunakan sabun atau sampo untuk kendaraan, jangan lupa untuk pilih sabun yang tepat dan memang cocok bagi kendaraan Anda. Pilih sabun yang tetap bisa menjaga kualitas warna kendaraan.

Sesuai menghilangkan sisa air hujan dengan air bersih, Anda bisa menggosoknya dengan sabun atau sampo memakai kain lembut.

Hindari tindakan mengelap langsung bodi kendaraan jika masih terdapat banyak sisa rintik air hujan. Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan baret di bodi serta kaca kendaraan.

Anda diwajibkan selalu ingat untuk membersihkan kendaraan selepas tersiram air hujan. Khusus untuk mobil, setelah dicuci pastikan untuk membuka semua pintu untuk membuat kondisi mobil lebih kering dan bersih.

sumber: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
× Ada yang bisa kami bantu ?