Baru Tahu, Ternyata Ini Syarat Ganti Warna Cat Mobil Beda Dari Pabrik

Satgas COVID 19 Nasional Beri Izin Pelaksanaan Upacara Kemerdekaan RI Skala Besar di Kota Balikpapan
August 16, 2022
tips beli mobil baru
4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Baru
August 30, 2022

Baru tahu, ternyata ini syarat ganti warna cat mobil beda dari bawaan pabrik nih bestie. Yang mau ganti warna wajib nyimak. Di dunia modifikasi, mengganti warna cat kendaraan standar pabrikan kerap dilakukan. Namun mengganti warna cat bodi mobil maupun motor harus urus STNK juga, supaya data di SNTK sesuai dengan warna kendaraan tersebut. Sebab pada data STNK terdapat informasi mengenai warna kendaraan, jika data STNK berbeda dengan kendaraan, maka kendaraan bisa ditilang saat ada razia kepolisian.

Soal mengubah data, sebenarnya sudah diatur pada Peraturan Polri Nomor 7 Tahun 2021 pasal 54. Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah mengisi formulir permohonan.Pemohon harus mempersiapkan surat keterangan dari bengkel umum yang melaksanakan perubahan warna kendaraan.

Nah berikut syarat yang perlu dilampirkan:

1. Tanda bukti identitas (KTP)

2. Surat kuasa bermeterai cukup dan fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang diberi kuasa bagi yang diwakilkan

3. STNK

4. Rekomendasi dari unit pelaksana Regident untuk perubahan warna Ranmor

5. Surat keterangan dari bengkel umum yang melaksanakan perubahan warna Ranmor yang disertai TDP/NIB, SIUP, Nomor Pokok Wajib Pajak dan surat keterangan domisili

6. Hasil Cek Fisik Ranmor

7. Tanda bukti pendaftaran BPKB

Untuk biayanya disamakan dengan membuat atau menerbitkan STNK baru. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), penerbitan STNK baru tidak lebih dari Rp 200.000. Untuk kendaraan bermotor roda dua atau tiga, siapkan uang Rp 100.000. Sedangkan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih, biayanya lebih mahal, yaitu Rp 200.000.

Jika pemilik diharuskan melakukan perubahan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), untuk satu kali penerbitannya adalah Rp 225.000 untuk kendaraan roda dua atau tiga. Adapun untuk roda empat atau lebih, biayanya Rp 375.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus