Ban Mobil Kempis di Tengah Jalan? Jangan Panik, Berikut Cara Mengganti Ban Sendiri

rajatransit rental sewa mobil lepas kunci pelayanan supir balikpapan samarinda wisata travel migas tambang kantor dinas kunjungan kerja ikn bappenas kalimantan timur
Jarum Indikator Bensin Mengarah ke Huruf E, Langsung Mogok atau Masih Bisa Jalan?
August 8, 2022
Emil Dardak Berkunjung ke Balikpapan Napaktilasi Perjuangan Kakeknya, Siapakah Dia?
August 13, 2022
rajatransit rental sewa mobil lepas kunci pelayanan supir balikpapan samarinda wisata travel migas tambang kantor dinas kunjungan kerja ikn bappenas kalimantan timur

Satu kejadian yang bikin pusing para pengemudi mobil saat di perjalanan adalah kempisnya ban di daerah susah sinyal, keadaan sepi dan sepi orang melintas. Tidak jarang juga membuat panik. Apalagi bila SPBU pun jauh. Bahkan mencari derek pun sulit untuk hanaya skeadar mengangkut mobil ke bengkel terdekat.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pengemudi mobil untuk bisa mengganti sendiri ban yang kempis dengan ban serep. Proses penggantian ban sangatlah mudah.

Tips Mengganti Ban Mobil

1. Cari tempat yang landai untuk mengganti ban

Mengganti ban diperlukan tempat yang padat dan datar sehingga mobil tidak maju ataupun mundur. Apabila lokasinya cukup miring, risikonya cukup tinggi mobil akan terguling. Jangan lupa nyalakan lampu hazard mobil untuk memberikan sinyal kepada pengemudi lain karena mengalami kendala di jalan.

2. Aktifkan handbrake atau tombol rem parkir

Pastikan persneling mobil pada posisi netral agar memudahkan saat menyalakan mesin dan menghindari mobil melompat saat dinyalakan. Saat persneling masuk pada posisi gigi 1 atau pun mundur setelah selesai mengganti ban, dan mesin dinyalakan, maka mobil akan melompat.

3. Ganjal roda dengan batu pada bagian depan dan ban belakang

Ini untuk memastikan mobil tidak berjalan sendiri dan meningkatkan level safety. Usahakan mencari batu atau benda keras lainnya yang berukuran cukup besar, agar roda sama sekali tidak bisa bergerak.

4. Keluarkan ban serep beserta dongkrak

Pertama-tama letakkan dongkrak pada bagian rangka mobil yang berada dekat dengan ban yang akan diganti. Pastikan kepala dongkrak benar-benar menyentuh rangka mobil secara sempurna. Agar memudahkan saat menaikkan dongkrak untuk proses penggantian ban

Catatan:

a. Beberapa tipe mobil memiliki pelindung kolong berbahan. Jangan menaruh dongkrak pada bagian plastik ini karena akan rusak. Dan memang bagian ini tidak diperunttukkan bagi dongkrak.

Apabila tidak mengerti di mana posisi peletakan dongkrak yang benar, baca buku panduan manual mobil.

b. Untuk mobil unibodi modern (bodi dan rangka mobil menyatu), tersedia tanda persis di belakang roda depan, atau di depan roda belakang untuk tempat meletakkan dongkrak.

c. Untuk kebanyakan truk atau mobil lama yang, usahakan meletakkan dongkrak di salah satu sasis persis di belakang ban depan atau di depan ban belakang

5. Naikkan dongkrak sampai menyangga bagian bawah mobil, belum sampai terangkat

Dengan dongkrak menopang mobil pastikan dongkrak posisinya tegak lurus dengan tanah sehingga menyokong mobil dengan kuat. Bila dongkrak dinaikkan hingga mengangkat bagian bawah mobil akan membuat dongkrak bengkok karena menahan bobot mobil yang sangatlah berat. Lepaskan dop dan longgarkan baut dengan memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam. Longgarkan baut ban mobil anda saja tanpa perlu melepaskan seluruh baut pada ban mobil.

Catatan:

a. Gunakan kunci roda bawaan mobil atau kunci roda silang standar. Karena ukurannya sesuai dengan baut roda mobil.

b. Dibutuhkan tenaga yang besar untuk melonggarkan baut. Kalau secara langsung masih gagal, cobalah memakai injakan kaki dengan beban seluruh tubuh (pastikan kunci berputar ke arah yang benar, yaitu berlawanan dengan jarum jam). Namun, cara ini berisiko mematahkan baut karena sulit daya cengkeram kunci roda sering meleset dengan baut.

6. Kemudian, pompa atau putar dongkrak hingga ban terangkat dari tanah

Roda perlu diangkat cukup tinggi supaya roda bisa dilepas. Yang perlu diperhatikan:

a. Ketika mendongkrak, pastikan mobil dalam keadaan stabil. Jika bodi mobil terasa goyah saat mengangkat, turunkan dongkrak agi dan perbaiki masalah sebelum sepenuhnya mengangkat mobil.

b. Kalau mobil terlihat agak miring atau condong ke samping saat diangkat, turunkan dan posisikan ulang sehingga terangkat tegak lurus.

c. Sebaiknya siapkan dua dongkrak di kendaraan. Seandainya dongkrak meleset selama proses penggantian ban, ada dongkrak cadangan untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan.

7. Lepaskan baut sepenuhnya

Putar baut berlawanan dengan arah jarum jam sampai longgar. Ulangi pada semua baut, lalu lepaskan baut untuk mengganti ban yang kempis.

8. Lepaskan ban Anda

Letakkan ban yang kempis di kolong kendaraan sebagai pengaman tambahan seandainya dongkrak rusak demi mencegah kecelakaan.

9. Letakkan ban serep di tengah roda

Sejajarkan pelek ban serep dengan baut roda, lalu masukkan mur ban. Yang perlu diperhatikan:

a. Pastikan untuk memasang ban serep dengan cara yang tepat dan arahnya tidak salah.

b. Mur tipe acorn juga sering salah dipasang, apabila kendaraan menggunakan mur tipe ini. Pastikan bagian runcing mur menghadap roda ketika dikencangkan.

10. Kencangkan baut dengan tangan sampai erat

Pada awalnya baut seharusnya bisa diputar dengan mudah, hingga sulit untuk diputar yang menandakan baut sudah terpasang dengan erat.

11. Turunkan mobil tanpa menumpukan beban penuh pada ban

Turunkan dongkrak secara perlahan hingga ban menyentuh permukaan tanah

12. Turunkan mobil sepenuhnya ke tanah dan keluarkan dongkrak

Setelah ban menyentuh permukaan tanah, turunkan mobil sepenuhnya. Ambil dongkrak dan proses penggantian ban telah selesai.

Tambahan:

a. Waspadai sekeliling. Jika berada di jalanan ramai. Waspadalah dengan kendaraan yang bisa terlalu dekat.

Tidak jarang terjadi kecelakaan ketika mengganti ban di pinggir jalan sehingga jangan lakukan kecuali terpaksa.

b. Jangan masuk ke kolong mobil ketika sedang ditopang dongkrak biasa. Kalau berencana membenahi di kolong mobil, pasangkan stan dongkrak, atau gunakan ramp (landaian untuk menaikkan mobil sehingga kolongnya bisa diakses).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus