Awas! Kebiasaan Nyetir sambil Nyeker Ternyata Tidak Aman

Suka Telat Servis Mobil? Awas Masalah Ini Bakal Menghantui
March 23, 2022
AWAS MOGOK! Banyak Yang Gak Sadar, 4 Hal Ini Jadi Penyebab Mesin Mobil Overheat
April 1, 2022

Setiap pengendara tentu punya ‘ritual’ atau kebiasaan menyetir tersendiri. Salah satu kebiasaan menyetir yang kerap dilakukan adalah sambil telanjang kaki alias nyeker. Stop! Jangan lagi dilakukan karena hal ini berbahaya. Risikonya adalah kaki pengendara dapat selip dalam menginjak pedal. Sebab menyetir tanpa menggunakan alas kaki, membuat kaki bisa berkeringat atau terkena cairan.

Selain itu, kaki atau kuku juga dapat cedera ketika pengendara mengambil tindakan berpindah pedal secara mendadak.

Risiko yang sangat perlu diwaspadai oleh pengendara adalah menyetir tanpa menggunakan alas kaki akan memperparah cedera pada bagian kaki saat mobil mengalami kecelakaan.

“Kalau bicara soal hukum standar legal tidak ada keterangan saat berkendara (diharuskan) untuk menggunakan alas kaki.

Salah satu dampak lainnya menurut Jusri adalah kaki jadi gampang lelah dan dirinya mengamini bahwa hal ini dapat meningkatkan risiko ketika terjadi kecelakaan.

“Secara ilmiah itu harus menggunakan alas kaki. Dan itu harus clear, karena (nyeker) ini bisa membuat kaki lelah.

“Misalnya saat terjadi kecelakaan, di sekitar kendaraan maka akan terdapat banyak beling. Selanjutnya bila terdapat situasi yang tidak mengenakan atau akan terbakarnya kendaraan, atau bisa saja adanya sebuah tindak kriminal. Hal-hal ini semua akan membuat panik pengendara, dan ini memungkinkan para pengendara akan berlari keluar dari dalam kendaraan. Dan bila tidak menggunakan alas kaki maka bisa membuat cedera pengendara tentunya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus