Airbag Mobil, Meningkatkan Proteksi Berkendara

Catat, Tipe-tipe Kamar Hotel, Kamu Biasa Pesan yang Mana?
August 13, 2020
Segini Jaga Jarak Aman Mengemudi Ketika Hujan
August 15, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Airbag s mobil ialah perangkat keselamatan yang biasanya diterapkan di bagian setir. Seperti yang sudah diketahui bahwa penawaran berbagai jenis mobil kian meningkat. Konsumen yang semakin dinamis membuat mereka memerlukan alat transportasi berkualitas tinggi. Mobil dianggap sebagai transportasi yang memiliki berbagai kelebihan. Khususnya, ia menawarkan ruang privasi tinggi. Sehingga pengendara sering menganggapnya sebagai rumah kedua.

Tidak heran jika sekarang perusahaan besar otomotif bersaing menciptakan produk unggulan. Produsen-pun terus meningkatkan elemen keselamatan yang memang krusial untuk pengendara. Mulai dari sabuk pengaman, sampai airbag. Semua komponen tersebut dijadikan sebagai tambahan proteksi. Bahkan komponen dari airbag itu sendiri terisi dengan zat yang aman bagi tubuh.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3 Elemen dari Airbag

Sejak awal kemunculannya mobil menjadi alat transportasi yang menarik perhatian. Ia tidak hanya mewah dengan berbagai desainnya. Mobil juga kian tampil canggih dengan berbagai teknologi tinggi. Fasilitas keamanan yang menunjang performa dari kendaraan. Apalagi sekarang desain airbag telah mendapat sentuhan khusus. Airbag dapat bekerja secara otomatis. Sehingga membuat pengendara menjadi lebih nyaman berkendara. Berikut beberapa elemen yang tersedia di airbag:

1. Kantung udara

Seperti yang sudah diketahui bahwa airbag mobil adalah perangkat sistem keamanan yang kerap dipasang di area setir. Beberapa sumber menjelaskan bahwa bentuknya menyerupai bantalan. Bahan yang digunakan adalah kain nilon tipis. Penggunaan nilon dengan aksen lubang kecil membuat pengendara semakin terlindungi. Sahabat tidak perlu cemas karena desain dari airbag sendiri sangat diperhatikan. Sehingga beberapa perusahaan mobil sengaja memasangnya di berbagai titik untuk melindungi alat vital pengendara. Misalnya saja, area kepala dan dada.

2. Sensor otomatis

Komponen lain yang tak kalah penting ialah desain canggih yang ia miliki. Airbag yang dipasang di area setir atau bahkan titik lain telah dirancang secara otomatis. Sahabat tidak perlu memencet tombol apapun. Pasalnya, ketika terjadi kecelakaan, bagian setir akan mengirim sensor hingga airbag dengan cepat mengembang.

Beberapa sumber mengungkapkan bahwa kecanggihan ini terus dipertajam. Hingga akhirnya airbag termasuk sistem keamanan yang meningkatkan kenyamanan para pengendara mobil. Hal tersebut mampu terlihat dari kecepatan airbag mengembang. Sampai dengan isian gas nitrogen yang dipastikan akan untuk pernafasan.

3. Sistem canggih

Banyak perusahaan mobil dunia yang terus melakukan pengembangan. Mereka tidak hanya menawarkan alat transportasi mewah. Melainkan memberi pandangan lain mengenai berkendara secara nyaman serta aman. Ketika dilihat lebih lanjutnya, airbag menjadi bagian yang mendapat perhatian lebih banyak.

Kini airbag mampu difungsikan dengan sistem canggih. Alat ini akan menerima sensor dalam waktu cepat. Mengembang sempurna dengan volume gas nitrogen yang tidak membahayakan. Bukan sesuatu yang mengherankan jika kini penawaran berbagai tipe mobil mengalami peningkatan.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Hal yang Perlu Diperhatikan

Airbag itu apa? Pada intinya airbag adalah komponen dari proteksi yang dipasang di mobil. Kondisi ini dilakukan untuk mengurangi risiko kecelakaan. Diakui ataupun tidak airbag termasuk elemen krusial dalam berkendara. Setidaknya ia mampu melindungi bagian vital tubuh. Tidak perlu khawatir karena sekarang hampir semua tipe mobil menghadirkan proteksi tersebut. Desain serta fungsi yang diberikan pun bisa dibilang sama.

Fakta lain yang juga menjadi kabar gembira adalah sistem otomatik yang airbag miliki. Dimana pengendara tidak perlu memikirkan tombol mana yang harus dipencet. Sebab, ketika terdapat sensor kecelakaan. Secara langsung kantung udara dalam bentuk bantalan akan mengembang. Nah, apa saja yang harus diperhatikan untuk menggunakannya? Berikut penjelasan singkatnya:

1. Hindari memukul setir

Hal pertama yang tidak boleh dilakukan ialah memukul area setir mobil. Gerakan yang mendesak serta keras. Tentu akan membuat kantung udara mengembang dengan sendirinya. Sedangkan airbag termasuk komponen yang hanya boleh digunakan sekali pakai. Ketika Sahabat melakukan hal ini, proses untuk menggantinya membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Selain itu, lebih baik pengendara tidak melakukan modifikasi pada bagian setir. Ingat, alat tersebut bergerak secara cepat dan sistematis. Sehingga ketika terdapat bagian yang berubah. Dampaknya bisa begitu banyak, seperti berkurangnya manfaat yang nantinya diberikan. Tentu saja hal ini bukan hal yang menguntungkan, oleh sebab itu hindari melakukan hal tersebut ketika berada di jalan raya.

2. Segera buka pintu

Seperti yang sudah dijelaskan sejak awal. Bahkan airbag masuk sebagai komponen proteksi yang bergerak secara otomatis. Banyak sumber yang juga menambahkan bahkan sekarang desainnya kian canggih. Hal ini membuat Sahabat kian mudah melakukan penyelamatan pertama.

Misalnya saja, gerakan penumpang untuk membuka pintu lebih mudah. Meskipun gas pada airbag termasuk gas nitrogen yang tidak berbahaya untuk pernafasan. Namun, saat mobil tetap aktif. Ia akan memicu timbulnya berbagai gas beracun karena terjadinya proses kimia. Sebelum hal itu terjadi pastikan diri untuk membuka pintu ataupun jendela dengan cepat.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Pengaturan jarak

Mengutip dari beberapa sumber yang menyatakan bahwa jarak tubuh dengan airbag mobil sangat penting. Pengemudi harus benar-benar memastikan diri bahwa ia tidak dalam keadaan dekat dengannya. Jarak yang dinilai aman ialah 30 cm. Sebab, hal itu digunakan untuk membuat kantung udara mengembangkan secara maksimal.

Selain itu, dalam jarak ini Sahabat tidak akan menekan airbag secara keras. Kondisi tersebut yang nantinya berfungsi dalam skema perlindungan pengendara serta penumpang lain. Berikutnya, Sahabat wajib memastikan tangan menggenggam setir dengan kencang. Saat suasana sedikit tenang, secepat mungkin untuk membuka jendela ataupun pintu mobil. Berkendaralah dengan baik.

sumber: daihatsu.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×