9 Tips Belajar Mengemudi Mobil untuk Pemula yang Bisa Kamu Terapkan

Mau Ban Awet? Ikuti 3 Tips Mudah Ini
February 22, 2020
Mitubishi Xpander Dapat Penyegaran, Apa Saja Perubahannya?
February 24, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Saat seseorang belajar mengemudi, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Karena baik pengemudi pemula atau yang mahir, harus selalu berhati-hati ketika berada di belakang kemudi. Berikut adalah beberapa tips mengemudi untuk pemula yang harus selalu ditanamkan dalam pikiran.

1. Familier dengan mobil

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum kamu mulai belajar mengemudi adalah paham dengan mobil. Kamu harus familier dengan teori fungsi dasar mobil sebelum mulai mengemudikannya.

Pahami cara kerja kopling, susunan gear, dan pelajari fakta bahwa kamu tidak boleh menggunakan gear rendah dalam kecepatan tinggi. Selain itu, kamu harus tahu bahwa mobil harus berhenti dulu sebelum memakai gear mundur.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

2. Posisi duduk harus benar saat mengemudi

Posisi mengemudi yang benar adalah sesuatu yang penting, bahkan pengemudi yang mahir sekali pun kadang posisinya salah, sehingga meningkatkan peluang terjadi kecelakaan.

Pastikan kamu duduk dengan punggung lurus dan tegak lurus dengan pantat, sehingga mencegah kelelahan dan cedera punggung. Posisi duduk harus membuat pengemudi leluasa melihat ke depan, sekelilingnya, dan nyaman.

3. Jangan sampai fokus teralihkan

Saat duduk di kursi kemudi, kamu harus fokus memperhatikan kaca spion, menggunakan sabuk pengaman, dan mematuhi peraturan lalu lintas.

Jangan sampai fokus buyar saat mengemudi karena ramainya jalan sehingga perhatian kamu teralihkan untuk beberapa saat. Dua aturan dasar dan paling umum sebelum kamu mulai mengemudi; jangan menggunakan HP dan jangan minum saat mengemudi.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

4. Pegang kemudi dengan benar

Tidak ada aturan memegang kemudi dengan benar, tapi kebenarannya bergantung pada bagaimana kamu bisa mengendalikan roda kendaraan.

Sangat penting untuk bisa mengendalikan roda lewat kemudi agar bisa bermanuver seperti menikung, berbelok, atau pun putar balik.

5. Ingat untuk selalu menggunakan lampu sein

Pahami pentingnya lampu sein sebagai sinyal untuk berganti arah. Saat di jalanan, kamu bukanlah satu-satunya pengemudi, sehingga penting untuk memperingatkan kendaraan lain saat kamu akan berganti arah. Lampu sein akan mengurangi kesalahpahaman di jalan.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

6. Hindari memacu mobil dengan kecepatan tinggi

Hal yang paling membuat penasaran saat mengemudikan mobil adalah memacunya dengan kencang. Maka, yang paling penting adalah kamu harus familier lebih dahulu dengan mobil sebelum melaju kencang-kencang.

7. Jaga jarak aman dengan kendaraan lain

Salah satu yang harus selalu kamu perhatikan adalah menjaga jarak dengan kendaraan di depanmu. Kamu mungkin pengemudi yang sangat hati-hati dan patuh peraturan lalu-lintas, tapi belum tentu pengemudi lain juga begitu. Cara terbaik mengemudi dengan aman adalah menjadi pengemudi pasif dibanding agresif.

8. Bijak menggunakan klakson

Klakson adalah untuk memperingatkan pengemudi lain di sekitarmu, bukan untuk membuat mereka jengkel. Klakson yang berlebihan kadang membuat pengemudi lain tidak nyaman dan kadang memicu masalah di jalan.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

9. Mengemudi dengan kalem

Jangan biarkan suasana hati mempengaruhi cara kamu mengemudi, khususnya untuk pemula. Seorang pengemudi yang sedang marah jangan sampai ugal-ugalan, sedangkan pengemudi yang bahagia jangan sampai melaju di tengah jalan. Tetap kalem dan ikuti peraturan lalu lintas selama mengemudi.

Nah, itulah sembilan tips belajar mengemudi mobil untuk pemula. Selalu fokus, waspada, dan patuhi peraturan lalu-lintas.

Rental mobil murah balikpapan, sewa mobil murah balikpapan, sewa mobil , rental mobil matic , rental mobil lepas kunci, rental mobil innova ,rental mobil avanza, rental mobil mewah , sewa wedding car, rental mobil fortuner, rental mobil alphard, rental mobil hiace, rental mobil xpander, rental mobil pajero sport, rental mobil triton, rental mobil xenia, rental bus pariwisata.

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus