8 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Penajam Paser Utara untuk Keluarga

6 Rekomendasi Restoran Kepiting Yang terkenal enak dan wajib anda kunjungi saat singgah di Kota Balikpapan
September 6, 2019
7 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Seru di Penajam Paser Utara
September 9, 2019

Rajatransit, Rental Mobil balikpapan – Nama Kabupaten Penajam Paser Utara belakangan ini kerap menjadi perbincangan. Pasalnya, kabupaten seluas 3.333 kilometer persegi ini dipilih sebagai salah satu calon ibu kota baru Indonesia.

Meski terbilang kawasan baru, Penajam Paser Utara memiliki potensi di bidang kuliner dan wisata.

Kamu yang berkunjung ke kabupaten ini pun gak perlu bingung untuk urusan oleh-oleh. Karena ada cukup banyak pilihan makanan dan kerajinan yang bisa dijadikan buah tangan. Berikut daftarnya.

1. Amplang bandeng

Amplang merupakan salah satu camilan khas Penajam Paser Utara. Kalau biasanya amplang terbuat dari ikan tenggiri, amplang khas Penajam Paser Utara terbuat dari ikan bandeng.

Amplang bandeng punya tekstur yang renyah dengan rasa yang gurih. Amplang ini pun biasanya tidak memiliki rasa amis.

2. Dampo’ durian

Namanya dampo’ durian, lempok, atau dodol durian. Makanan ini terbuat dari daging durian tanpa tambahan bahan lain.

Cara membuatnya, daging durian awalnya dipisahkan dari bijinya, lalu dimasak di atas bara api. Adonan akan terus diaduk hingga kadar airnya hilang dan tidak lengket. Durian yang dipilih biasanya durian yang belum matang atau yang rasanya hambar.

3. Gula jengkol

Dari namanya, kamu pasti mengira kalau makanan ini terbuat dari jengkol. Eits tunggu dulu, disebut gula jengkol karena gula merah dibuat seukuran jengkol. Namun, bahan dasarnya terbuat dari nira tandan buah pohon kelapa.

Warna gula ini mirip gula aren. Kamu bisa membelinya di kawasan Gula Tanjung. Kawasan tersebut terkenal sebagai salah satu daerah penghasil gula terbaik di Kalimantan Timur.

4. Jenderal mabok

Makanan yang satu ini punya nama yang sangat unik, yakni jenderal mabok. Konon namanya diambil dari seorang jenderal yang “mabuk” usai melahap makanan ini, karena rasanya yang legit.

Jenderal mabok terbuat dari tepung terigu, telur, santan, gula, dan daun pandan. Jenderal mabok biasanya mudah ditemukan saat bulan Ramadan.

5. Cimi-cimi

Cimi-cimi merupakan camilan stik yang terbuat dari bahan tepung dan campuran kepiting. Bentuknya mirip stik bawang dengan tekstur renyah dan rasa yang gurih asin. Sekali mencoba, dijamin ketagihan!

6. Tas rotan

Sama seperti di daerah Kalimantan lainnya, kerajinan tas rotan mudah ditemui di kabupaten Penajam Paser Utara. Tas rotan khas Penajam Paser Utara biasanya memiliki kualitas yang sangat bagus. Biasanya bermotif khas suku Dayak.

7. Sarung khas Penajam Paser Utara

Jika ingin membawa oleh-oleh yang lebih simpel, kamu bisa membeli sarung khas Penajam Paser Utara. Sarung khas Penajam Paser Utara biasanya dibuat oleh industri rumahan dengan motif atau corak khas Penajam Paser Utara.

8. Batik khas Penajam Paser Utara

Selain sarung, kamu juga bisa menjumpai kain batik khas Penajam Paser Utara. Batik Penajam Paser Utara memiliki ciri khas dari warnanya yang menggunakan pewarna alam.

Motif batiknya pun sangat dipengaruhi oleh budaya yang sebagian besar berasal dari suku Dayak. Tapi ada pula yang dipengaruhi oleh suku Kutai dan Bugis.

Nah, itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Penajam Paser Utara yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga di rumah.

sumber: IDN Times

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
× Ada yang bisa kami bantu ?