8 Langkah Merawat AC Mobil Agar Selalu Tetap Dingin

Mencari Mobil Keluarga? Ini 4 Pilihan yang Tepat
September 17, 2019
4 Tips Meningkatkan Performa Mobil Bekas
September 17, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Menikmati perjalanan menjadi sempurna dengan dukungan pendingin udara atau air conditioner (AC). Angin dingin yang menerpa wajah dan sekujur tubuh, di saat macet pun rasanya tetap segar. Betul ya Sahabat? Agar air conditioner (AC) milik Sahabat selalu dingin harus tahu cara merawatnya.

Bukan hanya sekedar membersihkan filter AC atau mengisi ulang freon saja. Namun ada beberapa hal penting lainnya yang wajib kamu lakukan agar AC mobil selalu dingin. Simak beberapa hal penting menurut Garasi.id yang akan membuat AC mobil kamu selalu dingin.

Jaga kebersihan kabin

Cara merawat AC mobil agar tetap dingin tentu saja dengan menjaga kebersihan bagian dalam mobil. Rajin-rajinlah membersihkan kabin dari kotoran dan debu terutama ketika mobil habis dipakai untuk berkendara atau ketika digunakan untuk membawa banyak penumpang. Karpet bagian depan merupakan daerah yang paling rentan kotor, jadi harus mendapatkan perhatian khusus agar tidak memicu timbulnya masalah pada AC mobil.

Tutup jendela selama berkendara

Pastikan Sahabat tidak mengendarai mobil dengan posisi jendela terbuka juga termasuk cara merawat AC mobil secara sederhana, terlebih dengan menyalakan sistem pendingin yang ada pada mobil. Pasalnya hal ini akan mengakibatkan debu atau kotoran dari luar masuk ke dalam mobil. Debu atau kotoran ini akan masuk dan mengotori AC sehingga membuat kinerja mesinnya untuk mendinginkan ruangan mobil menjadi kurang optimal dan bisa menimbulkan bau tidak sedap.

Jangan merokok di dalam mobil

Hindari kebiasaan merokok di dalam mobil terutama ketika AC sedang dinyalakan. Asap rokok yang masuk ke dalam AC akan membuat kandungan nikotinnya mengotori evaporator dan membuatnya berlendir sehingga AC mengeluarkan bau tidak sedap.

Hindari menyalakan AC langsung

Jangan langsung menyalakan AC ketika mobil dihidupkan adalah cara merawat AC mobil yang paling ringan dan jarang disadari. Pastikan AC dalam keadaan mati dan baru dihidupkan saat mesin mobil kinerjanya sudah cukup stabil.

Bersihkan kondensor ketika mencuci mobil

Ketika Sahabat mencuci mobil pastikan juga untuk membersihkan komponen kondensornya karena masalah pada AC sering terjadi karena kondensor yang rusak atau kotor. Hilangkan debu dan kotoran yang menempel pada kondensor hingga benar-benar bersih karena kotoran yang tertinggal dan menempel dalam waktu yang lama bisa mengakibatkan kebocoran dan korosi pada kondensor.

Memilih tempat parkir yang sejuk

Cara merawat AC mobil agar dingin dan awet juga dapat dilakukan dengan memilih lokasi yang sejuk dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung saat parkir mobil. Hal ini untuk menjaga agar kabin tidak cepat panas sehingga AC tidak bekerja terlalu berat ketika sedang dinyalakan.

Pasang filter kabin

Pasanglah filter kabin yang memiliki fungsi sebagai penyaring debu dan kotoran yang masuk ke dalam mobil sehingga tidak terhisap AC dan mengotori evaporatornya. Filter kabin ini juga harus diperiksa secara teratur ketika mobil di service. Mintalah mekanik untuk menyemprot bagian ini agar bersih atau bisa juga menggantinya dengan yang baru jika memang sudah tak layak untuk digunakan.

Periksa kipas kondensor

Jika sistem AC mobil yang dipakai dilengkapi dengan extra fan atau kipas kondensor, maka cara merawat AC mobil ini harus memeriksa putarannya secara rutin. Lakukan pengecekan kipas yang berada di depan kondensor, apakah kipasnya selalu menyala ketika AC dihidupkan. Jika tidak, lebih baik kamu bawa ke bengkel AC terdekat karena bisa merusak kompresor atau bahkan mengakibatkan selang kompresor meledak.

Perhatikan juga rpm mobil ketika AC sedang dinyalakan. Rpm yang terlalu rendah atau tidak sesuai biasanya akan berpengaruh pada dingin atau tidaknya AC yang ada pada mobil.

AC mobil yang tidak dingin ketika dinyalakan sepertinya menjadi masalah yang paling banyak dikeluhkan oleh para pemilik mobil. Namun jika kita mengadukan masalah ini ke bengkel yang kurang terpercaya maka mereka akan menduga bahwa penyebab masalah pada AC mobil tidak dingin ini dikarenakan kehabisan freon, sehingga masalah ini bisa diselesaikan hanya dengan mengisinya ulang. Padahal cara merawat AC mobil tidak melulu mengenai tentang freon, pasalnya freon tidak akan cepat habis dalam waktu yang lama. Ada beberapa hal yang penyebab masalah pada AC mobil tidak dingin, seperti

Kebocoran sistem pendingin

Terjadinya kebocoran pada selang atau pipa sistem pendingin ruangan mobil. Kondisi ini biasanya terjadi bukan karena cara merawat AC mobil yang salah namun karena faktor usia, penggunaan part yang kurang baik atau part yang tidak asli.

Kerusakan kondensor

Kerusakan yang terjadi pada evaporator dan kondensor juga akibat telah dipakai dalam waktu yang cukup lama juga bisa menjadi penyebab masalah pada AC mobil tidak dingin saat dinyalakan. Evaporator dan kondensor yang rusak selain disebabkan karena usia juga bisa jadi karena terkena kotoran dan tersumbat benda seperti kerikil.

Kerusakan kompresor

Penyebab masalah pada AC mobil tidak dingin juga bisa terjadi karena kerusakan pada kompresor. Cara merawat AC mobil yang benar memang harus memperhatikan seluruh komponennya, agar tetap awet. Hal ini biasanya ditandai dengan terdengar bunyi-bunyian dari bagian permesinannya dimana kompresor ini berada.

sumber: garasi.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
× Ada yang bisa kami bantu ?