8 Langkah jika Kehilangan Barang Berharga saat Traveling

5 Tips Penting Saat Mengemudi Mobil Melalui Banjir
January 9, 2020
Mencegah Terjadi Pecah Ban Saat Melaju di Jalan Tol
January 13, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Kejadian tak mengenakan saat traveling bukan lah hal yang diinginkan. Namun, dengan asumsi segala kemungkinan bisa terjadi, maka perlu persiapan agar semua bisa teratasi dengan baik. Salah satu masalah yang kerap dihadapi adalah kehilangan barang-barang penting, seperti paspor, tas dan lain-lain. Jika mengalami hal demikian, apa yang harus kamu lakukan?

Dilansir laman smartertravel, berikut tips yang bisa kamu ikuti ketika menghadapi kejadian seperti itu.

1. Jangan Panik

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berusaha untuk tidak panik. Ketika kamu panik, maka akan berdampak pada proses pengambilan keputusan. Jangan menyalahkan diri sendiri, bahkan traveler paling hati-hati sekali pun pasti bisa saja mengalami hal itu.

2. Minta Bantuan

Jika kamu berada di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris untuk bahasa sehari-hari, maka mintalah pertolongan pada orang lokal yang cukup fasih berbahasa Inggris. Mintalah mereka untuk menemani kamu menelepon atau menjelaskan pada polisi soal situasi yang terjadi.

Kamu bisa coba meminta pertolongan pada petugas di hotel atau seseorang di kantor turis. Sesama traveler yang kamu temui juga bisa jadi sumber pertolongan.

3. Buat Laporan Kepolisian

Selanjutnya, kamu harus mencari kantor polisi dan laporkan adanya pencurian atau kehilangan. Dengan membuat laporan polisi, maka kamu bisa mendapatkan dasar hukum yang pasti agar bisa mengganti paspor dan kartu kreditmu.

Selain itu, laporan kepolisian juga jadi salah satu syarat untuk melakukan klaim asuransi untuk kartu kereta yang hilang atau alat travel yang cukup mahal.

4. Gunakan Internet

Kamu bisa menggunakan internet di hotel atau juga tempat publik yang memiliki akses internet gratis seperti kantor bantuan turis atau perpustakaan.

Kamu bisa menggunakan internet untuk mencari detil kontak di kantor kedutaan terdekat dan bank yang kamu gunakan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya untuk mengambil informasi penting yang disimpan secara online, dan mencari pertolongan dari orang yang ada di rumah.

5. Gantilah Paspor

Ini jadi prioritas utama yang harus kamu lakukan. Tanpa paspor, kamu tidak bisa meninggalkan satu negara untuk kembali pulang. Selain itu, akan sulit juga bagi kamu untuk check-in ke hotel baru atau menerima uang yang ditransfer. Untuk mengganti paspor, kamu bisa datang langsung ke kantor kedutaan terdekat dari lokasimu saat itu atau konsulat yang tersedia. Jelaskan situasimu dan biasanya akan ada biaya penggantian yang harus kamu bayarkan.

6. Blokir Kartu

Kredit dan Debet Dalam waktu paling lama dua hari, blokir kartu debet dan kredit milikmu yang hilang lalu mintalah kantu pengganti. Kamu bisa menghubungi langsung ke bank yang kamu pakai.

Hal itu untuk mencegah kartu kredit dan debet disalahgunakan oleh sang pengambil.

Jika kamu sudah mengetahui apa saja yang harus dilakukan ketika menghadapi situasi seperti tersebut di atas, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri agar tak pernah mengalami itu semua.

7. Gunakan Tas Pinggang

Dari pada memasukan barang-barang penting ke dalam satu tas besar yang seringkali kamu tinggalkan tanpa pengawasan, lebih baik gunakan tas pinggang agar tetap terjaga dalam pengawasan.

Jika kamu traveling bersama teman, maka ada baiknya masing-masing membawa fotokopi dokumen pribadi yang penting seperti paspor. Kamu juga bisa menyimpan dokumen penting dalam akun online yang terproteksi password, atau titipkan fotokopi dokumen pada keluarga di rumah yang bisa mengirimkannya padamu via fax.

8. Awasi Barangmu

Seringkali para traveler kehilangan barang bukan karena dicuri tapi karena lupa. Ada banyak kasus di mana traveler tak sengaja meninggalkan paspor di bawah bantal, tas di atas rak bus, kamera di taksi, dan bahkan tas ransel di semak-semak dekat jalur hiking.

Kita akan lebih rentan untuk kehilangan fokus ketika sedang lelah, bingung, dan ketika menggunakan transportasi publik. Maka ada baiknya kamu jangan pernah meletakkan tas di sebelahmu tanpa kontak fisik sedikit pun. Pasalnya, besar kemungkinan kamu akan melupakan tas tersebut dan akhirnya pergi begitu saja.

sumber: travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus