6 Tips Liburan di Hotel Saat Pandemi agar Tidak Bosan

10 Tips Jitu Merawat Mobil di Musim Hujan
October 1, 2020
4 Cara Mengantisipasi Kebakaran Mobil
October 1, 2020

Rajatransit, rental mobil Balikpapan – Liburan tidak melulu dilihat dari aktivitas wisatawan ke tempat wisata. Definisi liburan juga dapat terlihat kala wisatawan menginap di hotel.

Cara berwisata hingga tujuan wisata orang berbeda. Ada yang ingin berlibur ke tempat wisata, dan menggunakan hotel hanya sekadar tempat istirahat.

Ada pula wisatawan yang memilih hotel sebagai tempat wisata atau tempat berliburnya. Bagi kamu yang memilih hotel sebagai tempat berlibur, ada beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Maulana Yusran membagikan tips-tips bagaimana menikmati liburan di hotel saat pandemi dengan melakukan kegiatan-kegiatan menarik.

Meski hanya di hotel, dengan tips ini dijamin kamu tidak akan merasa bosan jika mengikuti tips-tips berikut ini:

1. Ketahui dulu tujuan menginap di hotel

Tips pertama yang ia berikan adalah ketahui terlebih dulu tujuan menginap di hotel. Meski sama-sama liburan di hotel, tentu setiap tamu memiliki tujuan yang berbeda.

Maulana mencontohkan, ada orang yang bosan berada di rumah lalu memilih hotel sebagai tempat mencari suasana baru.

“Ada beberapa hal orang bepergian menginap di hotel. Terutama, mereka bosan di rumah, itu namanya staycation. Bisa mereka bekerja dari hotel, atau juga sekolah dari rumah,” ujar dia saat dihubungi Kompas.com, Kamis (24/9/2020).

Untuk itu, bagi yang memiliki tujuan seperti itu, mereka akan lebih betah berlama-lama di kamar hotel.

2. Menginap di hotel resort, jangan hanya di kamar

Berbeda jika kamu memang memiliki tujuan untuk berlibur di hotel dengan suasana yang dekat dengan alam atau dalam hal ini hotel resort.

Bagi wisatawan yang menginap di hotel resort, kata dia, akan lebih baik jika beraktivitas di luar kamar.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

“Tergantung destinasinya. Misalnya kalau kita ke Bali kan pasti milih yang dekat pantai. Nah, jangan hanya di kamar saja, kita ke pantainya juga. Boleh kok, asal tetap tidak mendekati kerumunan atau menimbulkan kerumunan,” sambung Maulana.

3. Pastikan fasilitas WiFi lancar jika ingin berada di dalam kamar

Kembali ke tujuan awal, yakni berlibur di hotel dan ingin di dalam kamar saja. Pastikan beberapa hal, salah satunya fasilitas WiFi atau internet.

Menurut dia, bagi penikmati staycation, para pekerja work from home yang memilih bekerja dari hotel, atau school from hotel, mereka dapat menanyakan kembali ke pihak hotel terkait fasilitas internet.

“Kalau mereka di kamar saja, fungsinya apa dulu. Kalau mereka bekerja, mereka harus juga pastikan bahwa di situ ada fasilitas WiFi,” ujar Maulana.

4. Hanya di kamar saja, pastikan room service berjalan

Selain menanyakan fasilitas WiFi, kamu juga bisa memastikan kembali apakah hotel menyediakan fasilitas room service berjalan selama pandemi.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

Room service sangat berguna apabila kamu memilih berlibur di hotel dan hanya ingin di kamar saja.

“Tentu harus ditanya juga bagaimana room service-nya. Jalan atau enggak. Kalau enggak jalan, mau gimana makannya?” kata Maulana.

5. Bawa peralatan game

Bagi kamu penikmat permainan game konsol, tak perlu khawatir. Kamu juga bisa menyiapkan alat game ke hotel.

Menurut Maulana, kamu bisa bertanya terlebih dahulu ke hotel apakah menyediakan fasilitas untuk bermain game.

“Boleh kok bawa game, kan mereka bisa connect ke televisinya. Gak ada masalah soal game. Kalau hotel pun sebenarnya sudah disiapkan entertaint nya juga, misalnya tv kabel,” sambung dia.

6. Nikmati fasilitas outdoor

Jika kamu menginap di hotel bintang tiga ke atas, jangan lupa untuk menjajal semua fasilitas outdoor atau ruang terbuka.

Fasilitas seperti kolam renang, taman, tempat olahraga dan lainnya bisa digunakan dengan semaksimal mungkin oleh tamu.

“Kecuali untuk yang isolasi mandiri. Kalau isolasi mandiri kan gak boleh keluar-keluar. Mereka harus selalu berada di kamar. Berbeda dengan hotel yang khusus menyediakan tempat pasien Covid. Itu baru pasien bisa keluar menikmati fasilitas seperti berjemur, olahraga,” ujar Maulana.

sumber: travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus