6 Cara Menjaga Warna Mobil agar Tetap Awet dan Mengilat Seperti Baru!

5 Alasan Land Cruiser VX80 Masih Diburu Kolektor Mobil
February 11, 2020
5 Destinasi Wajib Saat Pelesiran ke Tarakan
February 12, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Memiliki warna mobil yang tampak baru setiap saat, adalah idaman semua orang. Untuk itu, dibutuhkan usaha yang keras dan keseriusan untuk menjaga warnanya agar tetap awet.

Pemilihan tempat parkir kendaraan pun juga saat berpengaruh lho, untuk menjaga warnanya tetap awet. Berikut ini, beberapa tipsnya!

1. Cuci mobil secara rutin dengan shampoo khusus

Kunci dari perawatan warna mobil agar tetap awet adalah mencuci mobil secara rutin. Pilihlah sabun khusus cuci mobil yang mengandung pH seimbang, agar meminimalisasi efek gesekan sabun pada badan mobil. Jangan pernah sekali-kalinya menggunakan sabun colek atau cuci piring, karena akan meningkatkan risiko gesekan yang menyebabkan lecet pada mobil.

2. Gunakan lap yang bersih dan lembut

Saat akan mencuci mobil, hendaknya pilihlah lap yang lembut dan juga bersih. Hal ini bertujuan agar lap yang dipakai tidak membuat warna cat mengelupas. Karena jika itu terjadi, lama-kelamaan warna mobil akan menjadi kusam!

cek harga rental mobil balikpapan di sini

3. Jangan biarkan terlalu lama, terkena air hujan!

Saat kamu harus terpaksa menerobos hujan menggunakan mobilmu, segeralah keringkan dengan lap lembut ketika kamu sudah sampai di rumah. Hal ini dilakukan, agar warna mobil tetap awet. Karena air hujan mengandung asam, sehingga mampu membuat warna mobil cepat pudar, lho!

4. Jangan terlalu sering parkir mobil di tempat yang terik!

Sinar matahari merupakan salah satu “musuh” utama bagi kamu yang ingin menjaga warna mobil tetap awet. Untuk itu, pilihlah tempat parkir yang teduh. Kamu juga bisa memilih tempat parkir di area basement.

Jika terpaksa harus lama memarkirnya di tempat yang terik, pakailah sarung mobil untuk menjaganya dari sinar matahari dan juga debu. Meski sedikit tricky, hal ini sangat ampuh, lho menjaga warnanya agar tetap awet.

cek harga rental mobil balikpapan di sini

5. Jangan tutup mobil saat sedang basah, agar tak karatan!

Pastikan saat ingin menutupnya dengan sarung mobil, kondisi mobil harus dalam keadaan yang kering. Hal ini dikarenakan sebagian besar badan mobil yang terbuat dari logam, menutupnya dalam keadaan lembap bukanlah pilihan yang baik. Karena jika dibiarkan, risiko karat dan jamuran juga akan meningkat.

6. Poles mobil setiap 2 bulan sekali

Jika kamu ingin tampilan warna mobilmu tampak mengilat seperti kaca, kamu dapat memolesnya dengan wax setiap 2-3 bulan sekali. Pilihlah wax khusus mobil dengan kualitas yang bagus, agar hasil maksimal. Saat akan dipoles wax, hindari memolesnya saat mendung, karena akan menyebabkan wax lama kering dan membuat warnanya tidak merata.

Itulah sebagai tips sederhana untuk menjaga warna mobil tetap awet seperti baru. Semoga tips di atas, dapat membantu!

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×