5 Tip Mencuci Mobil Setelah Diguyur Hujan, Biar Gak Baret-baret

4 Penyebab Radiator Mobil Bermasalah, Cek Sebelum Bepergian!
January 2, 2020
Mengemudi Saat Hujan Deras, Ini 5 Hal yang Wajib Anda Lakukan
January 6, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Musim hujan sudah tiba. Intensitas mobil terpapar air hujan pun bakal lebih sering. Memang sih air hujan gak akan merusak mobil secara langsung. Tapi bukan berarti gak perlu perawatan khusus.

Nah, berikut beberapa tip yang bisa kamu lakukan agar mobilmu tetap kinclong di musim hujan.

1. Langsung bilas mobil dengan air bersih setelah kena air hujan

Tip pertama adalah membilas mobil dengan air bersih setelah terguyur hujan. Mengapa demikian? Karena jika air hujan didiamkan mengering, pasti akan timbul bercak pada cat mobilmu. Tak hanya itu, bercak atau jamur pada mobil kamu secara cepat atau lambat pasti akan muncul.

2. Jangan langsung mengelap mobil setelah terkena air hujan

Berikutnya, hal ini kadang juga masih diabaikan oleh sebagian orang. Banyak orang yang beranggapan bahwa kalau turun hujan tandanya cuci mobil gratis. Eits! Pemikiran seperti ini salah besar ya guys.

Jadi, sebaiknya jika mobil kamu habis terkena air hujan, jangan langsung dilap dengan kanebo. Kenapa? Karena air hujan tersebut pastinya tercampur dengan debu-debu yang menempel pada mobil kita, bahkan biasanya terdapat batu kecil atau pasir yang bisa mengakibatkan mobil kita menjadi baret jika kita tidak membilasnya terlebih dahulu.

3. Jangan biarkan lantai mobil lembab atau basah

Selanjutnya kita masuk ke dalam bagian kabin. Pastinya tak hanya bagian luar yang harus terlihat kinclong dan bersih, namun bagian dalam juga harus perlu diperhatikan, apalagi di saat musim hujan seperti ini.

Banyak yang biasanya setelah terkena hujan ia langsung masuk ke mobil dengan bagian sepatu atau alas kaki kita yang basah. Nah, mulai sekarang jangan lakukan hal tersebut, karena jika dibiasakan seperti itu, mobil kamu akan menjadi lembab bahkan bau tak sedap akan muncul.

Jadi, sebaiknya alaskan dulu karpet dari karet atau bahan lainnya yang bisa meresap air dari alas kakimu yah, agar karpet mobil kamu tidak basah dan tidak menjadi lembab.

4. Bersihkan karet wiper ketika sedang mencuci mobil

Ketika musim hujan tiba, pastinya penggunaan wiper pada mobil kamu akan lebih sering digunakan dan menjadi peran penting ketika musim hujan seperti ini. Dengan begitu, jangan lupa bersihkan karet wiper mobil kamu ketika sedang mencuci mobilmu.

Jika kamu biarkan mengering dengan sendirinya atau bahkan tidak kamu bersihkan, maka umur dari karet wiper mobil kamu tidak akan lama alias akan cepat keras atau getas. Pastinya jika sudah getas, maka fungsi dari wiper mobil kamu dijamin tidak akan berfungsi optimal dan bisa saja membahayakan pengendaranya.

5. Jika sudah dibersihkan semuanya, segeralah masukkan mobil ke dalam garasi rumah

Hal terakhir yang wajib kamu lakukan setelah menjalankan empat tip di atas, maka hal terakhirnya adalah kamu wajib memasukkan mobil kamu ke dalam garasi rumah kamu.

Mengapa? Pastinya agar mobil kamu tetap terlindungi dari cahaya matahari dan tidak akan kotor lagi jika hujan kembali datang. Karena jika dibiarkan dijemur di luar lalu dibiarkan terkena hujan secara terus menerus, kualitas mobil kamu akan cepat berkurang loh, makanya jalankan semua tip-tip ini ya guys!

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
×