5 Pasar Tradisional atau Pasar Basah di Balikpapan

7 Lokasi Wisata di Kutai Kartanegara, Lokasi Ibu Kota Baru Indonesia, Intip Yuk!
September 3, 2019
6 Rekomendasi Restoran Kepiting Yang terkenal enak dan wajib anda kunjungi saat singgah di Kota Balikpapan
September 6, 2019

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Saban hari setiap manusia selalu mencari kebutuhan pangan, papan, dan sandang. Upaya untuk mendapatkan kebutuhan ini biasanya pergi ke pasar. Di antaranya ada banyak pilihan, tersedia pasar tradisional atau pasar basah dan pasar modern.

Khusus di Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur ada pilihan banyak pasar tradisional, ada lebih dari satu. Kondisi pasar tradisional di Kota Balikpapan selalu ramai tidak pernah sepi, apalagi saat akhir pekan atau menjelang hari raya besar dan hari libur.

Pasar tradisional di Kota Balikpapan masih tetap bertahan, walaupun sudah menjamurnya pasar modern di dekat pemukiman warga dan tengah perkotaan Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

Kelebihan berbelanja di pasar tradisional ini setiap konsumen bisa melakukan tawar menawar dengan si pedagang, berbeda halnya dengan pasar modern seperti super market harga yang ditetapkan sudah tercatat tidak bisa ditawar.

Kekurangan dari pasar tradisional lebih kepada tampilan wujud fisik pasar yang tidak sebagus pasar modern. Pasar tradisonal kondisinya biasanya semerawut tidak beraturan, udara yang pengap, dan kondisi jalan yang becek makanya ada orang yang sering sebut dengan pasar basah.

TribunWiki tahun 2019 ulasan Tribunkaltim.co kali ini sajikan beberapa daftar tempat pasar basah atau pasar tradisional di Kota Balikpapan.

Berikut Pasar Tradisional yang ada di Balikpapan:

1). Pasar Pandansari berada di Jalan Pandan Sari, Kecamatan Balikpapan Barat. Ditahun 2015 lantai dua dan tiga Pasar Pandansari hangus terbakar. Namun, saat ini sedang dalam proses perbaikan.

Pasar Pandansari merupakan Pasar Induk satu-satunya di Balikpapan. Pasar Pandansari dilengkapi pengelolaan IPAL dan lokasi daur ulang sampah.

2). Pasar Klandasan terletak di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota. Lokasinya dekat dengan kantor Walikota Balikpapan dan Kantor DPRD Balikpapan.

Posisinya berada di tengah-tengah kota. Pasar Klandasan dilengkapi Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kebanyakkan ikan yang ada sangat segar, karena langsung dari nelayan.

3). Pasar Sepinggan berlokasi di Jalan Sepinggan Baru, Kelurahan Sepinggan Baru, Kecamatan Balikpapan Selatan. Lokasi Pasar Sepinggan ini berdekatan dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Kota Balikpapan.

Tak sampai 10 menit dari Bandara menuju Pasar Sepinggan. Pasar Sepinggan ini masih dikelola oleh Pemkot Balikpapan. Biasanya Pasar ini buka dari Pagi hingga Sore hari.

4). Pasar Manggar posisi bangunan Pasar Manggar berada persis di pinggir Jalan Mulawarman, Kelurahan Manggar, Kecamatan Balikpapan Timur. Dari Bandara SAMS Balikpapan hanya butuh waktu tempuh sekitar 45 menit.

Tepatnya di samping Jembatan Manggar, bangunan Pasar Manggar Balikpapan Timur berada persis di atas laut. Saban sore pasar ini selalu ramai nelayan yang membawa hasil tangkapannya di tengah laut. Kebanyakkan nelayan yang datang menyandarkan perahunya disekitar Pasar Manggar.

5. Pasar Buton pedagang di Pasar Buton di Jalan MT. Haryono, Kecamatan Balikpapan Utara, Kota Balikpapan memang tidak seramai Pasar Pandansari Balikpapan Barat, atau pasar lainnya.

Namun, keberadaan Pasar Buton, sangat membantu warga yang tinggal dibagian utara Balikpapan. Letaknya strategis di pinggir jalan, Pasar Buton sering disinggahi para pengendara yang sengaja singgah untuk berbelanja.

sumber: tirbun kaltim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus
× Ada yang bisa kami bantu ?