5 Manfaat Nitrogen untuk Ban Kendaraan, Kamu Harus Tahu!

Sewa Hilux Bulanan Balikpapan
February 1, 2020
Bagaimana Cara Menjadi Turis yang Ramah?
February 3, 2020

Rajatransit, Rental Mobil Balikpapan – Nitrogen merupakan zat kimia berbentuk gas yang sulit untuk bereaksi dengan senyawa lainnya. Nitrogen digunakan dalam berbagai kepentingan, salah satunya adalah pengisi ban kendaraan. Masyarakat pun lebih menyukai nitrogen daripada angin biasa untuk pengisi ban dikarenakan memiliki lebih banyak manfaat. Buat kamu yang belum mengetahui manfaat nitrogen untuk ban kendaraan, baca selengkapnya di sini yuk!

1. Membuat tekanan ban lebih stabil

Penggunaan angin biasa kerap dikeluhkan karena membuat tekanan ban berubah-ubah, sehingga ban mudah kempis. Namun, dengan beralih ke nitrogen hal tersebut dapat teratasi. Menggunakan angin nitrogen sebagai pengisi ban kendaraan membuat tekanan ban lebih stabil, lho. Hal ini berkaitan dengan sifat nitrogen yang stabil, tidak mudah terkontaminasi, dan tidak bereaksi dengan zat lain.

2. Ban lebih tahan lama

Tekanan yang stabil juga akan membuat ban kendaraan lebih awet. Dengan menggunakan nitrogen, ban tidak akan mudah kempis dan sobek sehingga tidak perlu repot ke bengkel untuk mengisi ulang angin atau menambal. Apalagi suhu tropis di Indonesia yang cenderung panas menyebabkan tekanan ban menurun jika menggunakan angin biasa.

3. Bobot ban lebih ringan

Tidak seperti angin biasa yang mudah menguap saat suhu panas, nitrogen merupakan unsur yang tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Hal itu menyebabkan unsur bernomor atom 7 ini tidak akan menguap dan mengembun walaupun suhu udara panas. Tidak adanya embun yang terbentuk inilah yang menyebabkan ban lebih ringan, sehingga nyaman untuk berkendara. Bobot ban yang lebih ringan ini juga membuat kendaraan mampu menghemat bahan bakar, lho.

4. Tidak menimbulkan korosi

Ketidakmampuan nitrogen untuk bereaksi dengan zat lain dan tidak menimbulkan embun membuat kendaraan terhindar dari korosi. Berbeda dengan menggunakan angin biasa. Penggunaan angin biasa dapat menimbulkan embun yang dapat menyebabkan korosi pada velg. Hal ini tentu akan mengganggu, apalagi jika velg terbuat dari besi.

5. Handling lebih optimal

Beberapa pembalap telah mengklaim bahwa penggunaan nitrogen membuat handling lebih optimal. Tekanan ban yang stabil menyebabkan ukuran dan bentuk ban lebih terjaga. Selain itu, tekanan yang stabil juga menyebabkan grip atau daya cengkeram ban terhadap aspal menjadi lebih optimal sehingga aman untuk melaju.

Itu tadi 5 manfaat nitrogen untuk ban kendaraan. Kamu bisa mengisi ban dengan nitrogen di pom bensin atau bengkel modern terdekat. Semoga bermanfaat, ya!

sumber: idntimes.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hiace & Bus